Begini Komentar ASPPI Belitung Soal Izin Air Asia Mengudara di Tanjungpandan

Pelaku wisata sangat antusias mendengan kabar Air Asia akan terbang untuk rute Jakarta-Belitung dan Belitung-Kuala Lumpur.

Begini Komentar ASPPI Belitung Soal Izin Air Asia Mengudara di Tanjungpandan
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Ketua DPD ASPPI Bangka Belitung Agus Pahlevi. Begini Komentar ASPPI Belitung Soal Izin Air Asia Mengudara di Tanjungpandan 

Begini Komentar ASPPI Belitung Soal Izin Air Asia Mengudara di Tanjungpandan 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pelaku wisata khusunya di Belitung sangat antusias mendengan kabar Air Asia akan terbang untuk rute Jakarta-Belitung dan Belitung-Kuala Lumpur.

Hal ini disampaikan Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Bangka Belitung Agus Pahlevi, Rabu (7/8/2019) malam.

"Kabar ini awalnya kami terima dari travel agency Malaysia pada Selasa (6/8/2019) bahwa penerbangan langsung Air Asia akan ada empat kalo sepekan lalu beroperasi pada 1 Oktober," kata dia.

Sejumlah penumpang yang ada di Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan beberapa waktu lalu sedang menunggu penumpang.
Sejumlah penumpang yang ada di Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan beberapa waktu lalu sedang menunggu penumpang. (Pos Belitung/Disa Aryandi)

Di samping itu, Agus menyampaikan bahwa pada 6-8 September 2019 nanti, rencananya beberapa hotel seperti Leebong Island and Resort, Hotel Santika Premiere, Fairfield by Marriot dan Grand Hatika akan ikut MATTA FAIR di Malaysia untuk memperkenalkan akomodasi dan sekaligus destinasi belitong di expo wisata terbesar di Malaysia itu. Tentunya beberapa travel agency juga akan bergabung.

Dosen akademi pariwisata nasional Banjarmasin ini juga menjelaskan bahwa Malaysia dan Belitung juga memiliki banyak kesamaan yakni rumpun Melayu. Tidak hanya itu saja, Kuala Lumpur juga menjadi satu di antara negara di asia tenggara yang disinggahi penerbangan dari berbagai rute.

Sehingga ini menjadi peluang bagi dalam memperluas segmentasi pasar, terutama ke Asia Tengah, Timur Tengah, Eropa, Asia Timur, China, dan Rusia. Karena berbagai penerbangan dari negara-negara itu ada di Kuala Lumpur sehingga turis bisa masuk ke Belitung melalui Kuala Lumpur

Sejumlah penumpang di Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Sabtu (2/3) menunggu lantaran pesawat delay.
Sejumlah penumpang di Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Sabtu (2/3) menunggu lantaran pesawat delay. (Pos Belitung/Disa Aryandi)

"Tugas bersama baik pemerintah maupun stakeholder untuk menghidupkan rute ini dan mempertahankan rute ini. Melakukan promosi dan kerjasama bilateral juga merupakan strategi jitu, misalnya, sales mission, famtrip, ekspor dan impor, pertukaran pemuda juga budaya," jelasnya.

Selanjutnya buat rute Jakarta-Belitung, Agus mengharapkan bisa menjadi solusi keluhan masyarakat tentang mahalnya tiket penerbangan.

Keberadaan Air Asia diharapkan bisa mengimbangi harga tiket penerbangan dan menambah pilihan rute transit ke tujuan laiinya, karena Air Asia juga hampir melayani seluruh rute domestik.

Halaman
123
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved