VIDEO : Rakor Penanggulangan Angka Kemiskinan Kabupaten Belitung

Rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan bersama OPD terkait, dilaksanakan di ruang rapat I kantor Bappeda Kabupaten Belitung, Rabu (7/8/2019).

POSBELITUNG.COM, BELITUNG -- Rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan bersama OPD terkait, dilaksanakan di ruang rapat I kantor Bappeda Kabupaten Belitung, Rabu (7/8/2019).

Rapat tersebut membahas tentang angka kemiskinan dan juga cara penanggulangan kemiskinan, untuk mengurangi angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Belitung.

Rakor ini menghadiri Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, bersama Kepala Dinas Pemberdayaan perempuan perlindungan anak dan sosial, Haziarto, ketua Badan Pusat Statistik Kabupaten Belitung, Agung, Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung, Paryanta, plt Kepala Bappeda Kabupaten Belitung, Tommy, Serkertaris dinas kesehatan, Agus Sulitiadi, dan Organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung,

Kepala Dinas Pemberdayaan perempuan perlindungan anak dan sosial, Haziarto mengatakan dalam upaya mengurangi kemiskinan Daerah sesuai dengan tupoksi dinas sosial adalah melakukan verifikasi dan validasi data kemiskinan.

"Sejak Tahun 2017 kemensos sudah mempunyai sistim informasi kesejahteraan sosial new generation atau SIKSNG dan setiap 6 bulan data kemiskinan ditetapkan oleh Menteri sosial, untuk perubahan data melalui mekanisme Musdes dan Muskel (musyawarah Desa/Kelurahan)," kata Haziarto, didalam paparannya dalam Rakor.

Lanjutnya, UU nomor 13 tahun 2011 tentang penanganan Fakir miskin, hal ini menjadi pedoman kemensos untuk penanganan kemiskinan sampai ke Daerah.

"Pada tahun 2017 setiap bantuan sosial dan subsidi disalurkan secara non tunai, demikian pula halnya dengan bantuan pangan seperti beras. sistem ini menggunakan bank sebagai penyalur melalui e-voucher atau kartu KKS (kartu keluarga sejahtera) dengan sistim ini mudah dipantau dan tepat sasaran," katanya.

Tambahnya, kabupaten Belitung sejak mei 2018 sudah menggunakan atau melaksanakan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT, yang disalurkan kepada keluarga miskin atau kurang mampu atau istilahnya diberikan kepada KPM,

"Kuata Kabupaten Belitung 2018 sejumlah 8348 KPM kemudian tahun 2019 koatanya berkurang 8238 KPM berarti ada penurunan kemiskinan 110 KPM, pada bulan mei 2019 KPM aktif ada 7006 KPM, masalahnya ada yang meninggal, pindah, saldo kosong atau mungkin KPM sudah mampu," katanya. (Posbelitung.co/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: Tomi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved