Berita Belitung

Sekolah di Kabupaten Belitung Penuhi Tingkat Empat Standar Nasional Pendidikan

Kebanyakan SD dan SMP di Kabupaten Belitung baru masuk tingkat ke empat standar nasional pendidikan (SNP).

Sekolah di Kabupaten Belitung Penuhi Tingkat Empat Standar Nasional Pendidikan
posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Peserta mengikuti diseminasi peta mutu pendidikan di SMP Negeri 2 Tanjungpandan, Kamis (8/8/2019). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Penyusun Informasi dan Publikasi Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Bangka Belitung Hasanuddin mengatakan saat ini kebanyakan SD dan SMP di Kabupaten Belitung baru masuk tingkat ke empat standar nasional pendidikan (SNP).

Ini berdasarkan tingkat menuju SMP dari satu sampai lima. Artinya, belum ada sekolah yang memenuhi standar tersebut.

Menurutnya ada beberapa faktor yang termasuk hasil analisis ini misalnya pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), sarana dan prasarana, standar proses, serta standar penilaian.

"Tapi yang paling urgen menurut kami yakni menyangkut pendidik dan tenaga kependidikan," ujarnya di sela kegiatan diseminasi peta mutu pendidikan di SMP Negeri 2 Tanjungpandan, Kamis (8/8/2019).

Tingkat pemenuhan SNP masing-masing sekolah memang berbeda. Setiap sekolah memiliki rapot mutu yang didapatkan berdasarkan pengisian instrumen pemetaan mutu pendidikan yang dilakukan sekolah. Setelah diisi ada aplikasi yang akan memproses sehingga selanjutnya masing-masing sekolah dapat melihat pemenuhan hasilnya. Melalui rapor mutu yang diterima pihak sekolah juga telah termasuk berikut kelebihan dan kekurangan pihak sekolah.

Melalui kegiatan diseminasi peta mutu pendidikan, pihaknya memaparkan hasil-hasil berupa rekomendasi terhadap peningkatan mutu sekolah, dalam hal ini jenjang SD dan SMP. Rekomendasi tersebut disusun berdasarkan hasil kerja kesepakatan pengawas yang membina sekolah bersama LPMP.

"Jadi mereka selama ini melakukan pemantauan dan supervisi terhadap perencanaan pembelajaran di sekolah, juga terkait dengan standar nasional pendidikan," tuturnya.

(posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved