Forum Kabupaten Sehat Belitung Lakukan Ini Sambut Kedatangan Tim Verifikator

Forum Kabupaten Sehat Belitung semakin gencar berbenah menyambut kedatangan tim verifikator nasional

Forum Kabupaten Sehat Belitung Lakukan Ini Sambut Kedatangan Tim Verifikator
IST/Dok Forum Kabupaten Sehat
Kegiatan pertemuan pengurus forum kabupaten sehat di Kantor Bappeda Kabupaten Belitung, Jumat (9/8/2019). (IST/Dok Forum Kabupaten Sehat) 

Forum Kabupaten Sehat Belitung Lakukan Ini Sambut Kedatangan Tim Verifikator

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Forum Kabupaten Sehat Belitung semakin gencar berbenah menyambut kedatangan tim verifikator nasional yang akan menilai kelayakan Kabupaten Belitung buat mendapat penghargaan swasti saba padapa.

Pada Jumat (9/8/2019), pengurus forum juga melakukan pertemuan membahas lebih lanjut pengetahuan mereka terkait hal-hal yang perlu diketahui sebelum tim verifikator datang.

"Sebelumnya kami kan juga baru penggantian pengurus forum kabupaten sehat, jadi ini mulai bersiap dan berbenah menyambut tim verifikator. Nanti tim verifikator provinsi akan datang 13-15 Agustus, dilanjutkan tim verifikator nasional pada 20-22 Agustus mendatang," ujarnya Ketua Harian Forum Kabupaten Sehat Ratna Leli Pancawati saat dihubungi posbelitung.co.

Pengurus forum kabupaten sehat pun akan mendampingi tim verifikator ke beberapa lokus atau lokasi.

Menurutnya, tim verifikator bakal fokus diarahkan ke dua kecamatan yakni Tanjungpandan dan Badau. Lokus yang didatangi misalnya pasar, posyandu, agrowisata, serta pokja di tingkat kecamatan.

Lebih lanjut, kata dia, persiapan lain yakni peninjauan lokus. Pihaknya pun sudah menetapkan lokus di pasar Tanjungpandan karena melihat penataan serta fasilitas yang ada cukup baik.

Nantinya di pasar Tanjungpandan juga akan didirikan pos usaha keselamatan kerja (UKK) yang gunanya mengantisipasi jika terjadi kasus-kasus kesehatan ringan yang terjadi. Dalam hal ini forum kabupaten sehat bekerjasama dengan puskesmas Tanjung Pandan.

Selebihnya beberapa lokus masih akan ditinjau pihaknya. Sehingga lokus yang masih belum memenuhi syarat akan segera dikoordinasikan dengan stakeholder terkait.

"Harapannya Belitung bisa menjadi kabupaten sehat agar lebih nyaman, bersih, aman, dan indah serta kondusif bebas sampah. Walaupun belum 100 persen tapi setidaknya di lapangan kita mulai memperbaiki. Jadi penghargaan Swasti Saba Padapa pun bisa kita raih," harap dia.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved