Berita Belitung

LPOM Belitung: Terasi yang Mengandung Pewarna Tekstil Rhodamin B Tidak Punya Merk

LPOM Kabupaten Belitung, tidak bisa memastikan terasi yang mengandung pewarna tekstil Rhodamin B milik produksi siapa

LPOM Belitung: Terasi yang Mengandung Pewarna Tekstil Rhodamin B Tidak Punya Merk
Pos Belitung/Disa Aryandi
LPOM Kabupaten Belitung, Rabu (24/7/2019) ketika mengambil sampel bahan makanan di Pasar Tanjungpandan. 

POSBELITUNG.CO-- Lembaga Pengawasan Obat dan Makanan (LPOM) Kabupaten Belitung, tidak bisa memastikan terasi yang mengandung pewarna tekstil Rhodamin B milik produksi siapa.

Lantaran terasi yang di temui di Pasar Tanjungpandan, Belitung itu, tidak memiliki label atau merk.

Selain itu, penjual terasi tersebut tidak memiliki catatan suplayer maupun pembuat terasi itu, sehingga ini harus menyulitkan petugas untuk melakukan penelusuran terhadap pembuat terasi yang menggunakan pewarna tekstil tersebut.

"Dari sampel yang kami ambil itu, tidak ada label, jadi kami tidak bisa memastikan itu terasi produksi siapa, dan asal terasi itu dari mana. Kami juga tidak bisa menyebutkan itu terasi Belitung atau terasi dari luar Belitung karena tidak ada informasi pendukung," jelas Pengawas Formasi dan Makanan LPOM Kabupaten Belitung Diah kepada Posbelitung.co, Jumat (9/8/2019).

Tidak adanya informasi tambahan tentang terasi yang menggunakan pewarna tekstil itu, kata dia, sudah dipastikan oleh mereka beberapa kali dan LPOM tidak bisa menuding siapa pembuat terasi tersebut, lantaran belum ada data pendukung.

"Kami tidak bisa sebut ini terasi 'A' atau 'B' karena penjual tidak ada catatan dari mana asal terasi itu maupun merk dari terasi itu. Kalau yang sejenis itu memang ada label nya, tapi kami tidak bisa menuduh ini punya mereka, karena tidak ada label tadi," ungkap Diah.

Kepada penjual terasi di Belitung, lanjut Diah, mereka sudah memberikan pembinaan beberapa waktu lalu, dan ke depan akan terus melakukan kontrol terhadap penjual terasi maupun pedagang lainnya.

"Kami sudah melakukan pembinaan, dan itu akan kami kontrol lagi nanti, dan tetap akan dilakukan pemantauan lagi," bebernya.

Pelaku Usaha Terasi Lokal Belitung Merasa Dirugikan

Ada temuan tersebut, ternyata membuat pelaku usaha terasi lainnya mengalami kerugian. Terasi bermerk ANT Tikar misal nya, merasa dirugikan dengan adanya informasi tersebut yang sudah tersebar keberbagai pihak. Ini mengingat, terasi yang mengandung pewarna tekstil Rhodamin B tersebut bukan milik mereka.

Halaman
123
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved