Kapal Tabrakan di Selat Nasik

BREAKING NEWS: Tabrakan Kapal Diduga Human Error, Ini Kronologi Sementara

Kapal KM Melinda dan Kapal KM Rezeki tersebut sama-sama melintas di perairan yang biasa disebut line satu.

BREAKING NEWS: Tabrakan Kapal Diduga Human Error, Ini Kronologi Sementara
Pos Belitung/Disa Aryandi
Pencarian ke lokasi kecelakaan pelayaran di Selat Nasik 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kecelakaan pelayaran di Perairan Pulau Mendanau, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, Sabtu (10/8/2019) diduga sementara karena human error.

Kapal KM Melinda dan Kapal KM Rezeki tersebut sama-sama melintas di perairan yang biasa disebut line satu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun posbelitung.co, Kapal KM Melinda dan kapal KM Rezeki sama-sama melintas di jalur yang sama dan berlawanan. Capten KM Melinda ketika sudah melihat kapal KM Rezeki, langsung memberikan kontak melalui radio Handy Talky (HT) untuk menepi.

Namun kontak melalui Radio HT itu, tidak ada jawaban alias tidak ada balasan dari kru KM Rezeki. Lantaran kapal tersebut semakin dekat, sehingga capten KM Melinda langsung menyorot KM Rezeki dengan lampu tembak, kendati tidak ada reaksi.

Ketika kapal KM Rezeki semakin dekat dengan KM Melinda, maka kapal KM Rezeki langsung melakukan manufer ke bagian sebelah kiri, dan terkena buritan kapal KM Melinda. Sehingga terjadi lah kecelakaan pelayaran dan membuat kapal KM Rezeki langsung terbalik.

"Untuk kejadian kecelakaan itu tepat pukul 22.30 WIB dan KM Melinda ini berangkat dari Kalimantan Barat pukul 15.30 WIB Jumat kemarin. Nah sebelum kejadian itu, KM Melinda ini sudah berupaya melakukan kontak dengan KM Rezeki sebanyak tiga kali, tapi tidak ada jawaban," kata Kepala Basarnas Pos SAR Pulau Belitung Rahmatullah kepada posbelitung.co, sabtu (10/8/2019).

Sebelumnya, kapal KM Melinda rute Kendawang Kalimantan Barat menuju Bandar Lampung, sabtu (10/8/2019) sekitar pukul 02.40 WIB mengalami tabrakan dengan kapal nelayan KM Rezeki di perairan Mendanau, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung.

Kapal tersebut mengalami kecelakaan laut, tepat pada titik koordinat 2°52.119’S,107°17.773'T dengan jarak : 56.56 NML
Radial : 271,12 derajat.

Informasi sementara, dari Kapten KM Melinda dari KM Rezeki terdapat tujuh orang yang selamat, yaitu bernama Roni, Aris, Ahmad, Kartono, Dede Irawan, Asdi, Samsul Arifin.

Sedangkan untuk informasi masih dalam pencarian yaitu korban bernama Irfan Arifin, Wahyu, Selamet danTeguh.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved