Tabrakan Kapal di Selat Nasik

Kecelakaan Pelayaran di Perairan Mendanau Berada di Lajur ALKI

Kecelakaan pelayaran di perairan Pulau Mendanau, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, sabtu (10/8/2019) ternyata berada tepat di Alur Kapal

Kecelakaan Pelayaran di Perairan Mendanau Berada di Lajur ALKI
Pos Belitung/Disa Aryandi
Tim SAR Gabungan hendak menuju ke lokasi kecelakaan pelayaran, Sabtu (10/8/2019) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pelaksana Harian Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Tanjungpandan, Aidil Futrah mengatakan, kecelakaan pelayaran di perairan Pulau Mendanau, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, sabtu (10/8/2019) ternyata berada tepat di Alur Kapal Kepulauan Indonesia (ALKI).

"Iya, itu berada di jalur ALKI, dan kapal KM Melinda itu tujuan Lampung. Mereka berangkat dari Kendawangan Kalimantan Barat kemarin (Jumat) dan diperkirakan mereka berlayar menuju Lampung, paling tidak selama empat hari," kata Aidil kepada posbelitung.co, sabtu (10/8/2019).

Aidil mengatakan, kapal KM Melinda tersebut adalah kapal berbahan besi yang belum diketahui secara pasti membawa muatan apa. Namun untuk jenis kapal ini adalah kapal cargo dengan ukuran panjang 54 meter kali 11 meter.

"Kalau untuk kapal KM Rezeki, kapal kayu, kemungkinan nelayan mancing. Kami masih menunggu informasi tambahan, sekarang tim gabungan sedang menuju lokasi kecelakaan kapal," ujarnya.

Sebelumnya, kapal KM Melinda rute Kendawang Kalimantan Barat menuju Bandar Lampung, sabtu (10/8/2019) sekitar pukul 02.40 WIB mengalami tabrakan dengan kapal nelayan KM Rezeki di perairan Mendanau, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung.

Kapal tersebut mengalami kecelakaan laut, tepat pada titik koordinat 2°52.119’S,107°17.773'T dengan jarak : 56.56 NML
Radial : 271,12 derajat.

Informasi sementara, dari Kapten KM Melinda dari KM Rezeki terdapat tujuh orang yang selamat, yaitu bernama Roni, Aris, Ahmad, Kartono, Dede Irawan, Asdi, Samsul Arifin.

Sedangkan untuk informasi masih dalam pencarian yaitu korban bernama Irfan Arifin, Wahyu, Selamet danTeguh.

Tim SAR Gabungan Menuju Lokasi Kecelakaan Pelayaran

Tim SAR Gabungan langsung menuju lokasi kecelakaan pelayaran di Perairan Pulau Mendanau, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung.

Tim SAR Gabungan ini terdiri dari Basarnas Pos SAR Pulau Belitung, TNI-AL, Satpol Air Polres Belitung, Direktorat Polair Polda Bangka Belitung, Dinas Perikanan Kabupaten Belitung, KSOP Kelas V Tanjungpandan.

Ada dua kapal yang dikerahkan untuk menuju lokasi kecelakaan kapal tersebut yaitu, Kapal milik Dinas Perikanan Kabupaten Belitung dan kapal KSOP Kelas V Tanjungpandan.

"Ini sekarang kami ingin menuju lokasi kecelakaan. Untuk kronologi nya kami belum bisa memastikan," kata Kepala Basarnas Pos SAR Pulau Belitung Rahmatullah kepada posbelitung.co, Sabtu (10/8/2019).

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved