Berita Belitung

Bupati Belitung Menilai Idul Adha Tahun Ini Meriah, Hewan Kurban Sapi Lebih Banyak DIbanding Kambing

Sanem melihat pelaksanaan Idul Adha 1440 Hijriah di Negeri Laskar Pelangi kali ini sangat meriah dibandingkan tahun lalu

Bupati Belitung Menilai Idul Adha Tahun Ini Meriah, Hewan Kurban Sapi Lebih Banyak DIbanding Kambing
Pos Belitung/Disa Aryandi
Pejabat di lingkungan Kabupaten Belitung, minggu (11/8/2019) saling bermaaf-maafan setelah melakukan Salat Ied berjamaah Idul Adha 1440 Hijriah. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) melihat pelaksanaan Idul Adha 1440 Hijriah di Negeri Laskar Pelangi kali ini sangat meriah dibandingkan tahun - tahun sebelumnya. Kemeriahan tersebut dilihat dari masyarakat yang sudah antusias melakukan kurban.

Kurban di tahun ini pula, lebih banyak sapi dibandingkan kambing. Ini sekaligus menandakan bahwa perekonomian masyarakat di Kabupaten Belitung mengalami peningkatan.

"Banyak - banyak Alhamdulillah lah kalau seperti ini, hampir di setiap masjid rata - rata banyak sapi dibanding kambing. Ini artinya kesadaran masyarakat untuk berkurban sudah tinggi dan sudah sesuai kemampuan," kata Sanem kepada posbelitung.co, minggu (11/8/2019).

Kata Sanem, untuk kurban di perayaan Idul Adha 1440 Hijriah memang harus dilakukan. Diibaratkan, adalah sebuah pengorbanan dan untuk mencapai sesuatu harus ada pengorbanan. Namun itu tidak terlepas dari rasa ikhlas untuk berkurban.

"Kalau tidak ikhlas, ya percuma, jadi kunci nya itu keikhlasan. Karena walau bagaimana pun, ada di dalam rejeki kita harus diikhlaskan dan merupakan rejeki orang lain, misalkan potong sapi. Nah dagingnya dibagikan ke orang lain, itu rejeki yang harus diikhlaskan," ucapnya.

Kurban ini, lanjut dia, tentu untuk kepentingan orang banyak, sebagai bentuk sedekah kepada sesama umat muslim. Tentunya sedekah tersebut harus diimbangi dengan sebuah keikhlasan.

"Ya kita belajar sejarah bagaimana nabi dulu, pada saat itu dia ikhlas dari anak untuk orang tua, nah disitulah bagaimana kita beriman kepada Allah SWT. Tapi itu semua tidak terlepas dari sebuah ujian," pungkasnya.

(posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved