Berita Belitung

Ustaz Andi Amran di Masjid Agung Al Mabrur Ceritakan 3 Sosok Hebat di Balik Sejarah Idul Adha

Ada tiga orang hebat di balik sejarah Idul Adha, yang menjadi teladan bagi umat muslim.

Ustaz Andi Amran di Masjid Agung Al Mabrur Ceritakan 3 Sosok Hebat di Balik Sejarah Idul Adha
posbelitung.co/Novita
Jemaah di Masjid Agung Al Mabrur mendengarkan khutbah yang disampaikan Ustaz Andi Amran seusai salat Id, Minggu (11/8). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Ada tiga orang hebat di balik sejarah Idul Adha, yang menjadi teladan bagi umat muslim. Kehebatan mereka dalam ketaatan dan keimanan kepada Allah SWT membuat semua muslim akan senantiasa mengingatnya, serta harus menjadi contoh.

Sosok pertama adalah Nabi Ibrahim, tentang bagaimana ketataan dan kesabarannya dalam berdakwah kepada ayahnya sendiri.

Sosok kedua adalah Siti Hajar, yang karena ketaatannya dan keimanan kepada Allah SWT tak pernah berkeluh kesah terhadap apapun yang diperintahkan dan cobaan dari Allah SWT. Satu di antara perjuangannya adalah saat mencari air untuk putranya, yang dikenal dengan air zamzam yang terus ada hingga saat ini.

Perjuangannya berlari dari Safa ke Marwah untuk mencari air bagi putranya, diabadikan menjadi salah satu rukun haji.

Sedangkan sosok hebat ketiga adalah Nabi Ismail, yang karena keimanan dan ketaatannya kepada perintah Allah SWT, bersedia untuk disembelih. Namun kemudian oleh Allah SWT digantikan dengan domba.

Hal tersebut disampaikan oleh Ustaz Andi Amran dalam khutbah Idul Adha di Masjid Agung Al Mabrur, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Minggu (11/8) pagi.

Ustaz Andi Amran mengajak umat muslim menjadikan momentum Idul Adha bagi kita, sembari mengingat keluarga dan kerabat yang saat ini sedang berjuang di Arafah, bagaimana menghayati dan memaknai peristiwa yang dialami ketiga orang hebat ini.

"Renungi apakah karakter ketiga orang hebat ini ada dalam diri kita, sebagai seorang ayah, sebagai seorang ibu, dan sebagai seorang anak. Akankah sifatnya ketiganya lahir di zaman ini? Di zaman dimana hape masih menjadi seperti yang utama. Jangan menyerah dulu sebelum kita mencoba," kata Ustaz Andi Amran.

Pengurus Masjid Agung Al Mabrur menyelenggarakan penyembelian hewan kurban setelah salat Id. Berdasarkan pengumuman yang disampaikan sebelum salat Id, ada tiga ekor sapi dan 14 ekor kambing yang akan disembelih di tahun ini.

(posbelitung.co/Novita)

Penulis: tidakada011
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved