Berita Belitung

Lahan Mirip Gambut di Tanjung Kelayang Terbakar

Petugas Damkar Satpol PP Kabupaten Belitung tengah disibukan memadamkan api di lahan gambut sekitaran Balai Latihan Kerja (BLK), Desa Keciput

Lahan Mirip Gambut di Tanjung Kelayang Terbakar
posbelitung.co/Dede Suhendar
Foto udara kebakaran lahan di sekitar Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Senin (13/8/2019). IST/dok Damkar Satpol PP Kabupaten Belitung 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG  - Memasuki musim kemarau semenjak beberapa waktu lalu, kasus kebakaran lahan kerap kali terjadi di Belitung.

Meskipun tidak besar dan berhasil dipadamkan namun jumlah kejadiannya cukup banyak.

Kali ini petugas Damkar Satpol PP Kabupaten Belitung tengah disibukan memadamkan api di lahan gambut sekitaran Balai Latihan Kerja (BLK), Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Selasa (13/8/2019).

"Ini sudah yang kesekian kali di situ, memang yang hari ini titiknya berbeda tapi masih di sekitar itu lah‎. Jadi lahannya seperti begambut, tapi tadi anggota sudah berangkat ke lokasi," ujar Kabid Damkar Satpol PP Kabupaten Belitung Saiman kepada posbelitung.co.

Petugas Damkar memadamkan kebakaran lahan diTanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Senin (13/8/2019).
Petugas Damkar memadamkan kebakaran lahan diTanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Senin (13/8/2019). (IST/dok Damkar Satpol PP Kabupaten Belitung)

Menurutnya petugas cukup terkendala memadamkan api dikarenakan titiknya masuk ke dalam hutan, sehingga mobil Damkar tidak bisa terlalu mendekat.

Sementara itu, kondisi cuaca panas ditambah hembusan angin membuat api cepat menyebar.

"Cukup luas juga yang sore kemarin itu sekitar empat hektar. Kemungkinan itu sisa-sisa api yang kemarin karena lahannya seperti gambut," ungkap Saiman.

(posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved