Selama Musim Kemarau, Pelanggan PDAM Belitung Meningkat, Ini Dampak yang Akan Terjadi

Selama musim kemarau di Kabupaten Belitung, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) mendapatkan banyak pelanggan baru.

Selama Musim Kemarau, Pelanggan PDAM Belitung Meningkat, Ini Dampak yang Akan Terjadi
Pos Belitung/Disa Aryandi
Kondisi kolong PDAM Air Serkuk, rabu (14/8/2019) mulai mengalami penyusutan 

Selama Musim Kemarau, Pelanggan PDAM Belitung Meningkat, Ini Dampak yang Akan Terjadi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Selama musim kemarau di Kabupaten Belitung, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) mendapatkan banyak pelanggan baru.

Adanya pemasangan baru tersebut, lantaran sumur warga di Kabupaten Belitung kini sudah mulai mengalami kekeringan.

"Jadi yang dulu tidak pernah buka keran (pasang baru), sekarang menjadi pasang baru. Jadi ada peningkatan memang untuk pelanggan ini selama musim kemarau ini," ucap Direktur PDAM Kabupaten Belitung Erwinta kepada posbelitung.co, rabu (14/8/2019).

Namun, kata Erwinta, dibalik itu ada pula resiko yang dihadapi oleh pelanggan lainnya, yaitu pelanggan yang pendistribusian di jalur pipa terakhir, mengalami kecepatan pendistribusian air sedikit lambat.

"Ya dampak nya seperti itu, yang pelanggan ujung akan lambat air nya. Tapi kami tetap utama melayani masyarakat secara keseluruhan. Sebetulnya ini memang kesempatan PDAM untuk menambah pelanggan," ujarnya.

Namun, lanjut Erwinta, tetap dalam kondisi sekarang walaupun PDAM memprioritaskan pelayanan kepada masyarakat, tentu harus butuh dana ekstra. Terutama dalam kondisi kemarau ini, biaya operasional mengalami peningkatan.

"Soalnya banyak yang harus diperbaiki, mobil yang kapasitas 5 ton saja itu tidak bisa jalan sebanyak dua unit, belum ada anggaran untuk memperbaiki nya. Ya kalau hanya mengandalkan dana dari partisipasi pelanggan, itu sangat rendah sekali," jelasnya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved