Sumber Air Baku PDAM Belitung Menyusut 40 Persen, Ini Yang Akan Dilakukan PDAM

Musim kemarau yang berkepanjangan di Kabupaten Belitung, kini membuat sumber air baku milik Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM)

Sumber Air Baku PDAM Belitung Menyusut 40 Persen, Ini Yang Akan Dilakukan PDAM
Pos Belitung/Disa Aryandi
Kondisi kolong PDAM Air Serkuk, rabu (14/8/2019) mulai mengalami penyusutan 

Sumber Air Baku PDAM Belitung Menyusut 40 Persen, Ini Yang Akan Dilakukan PDAM

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Musim kemarau yang berkepanjangan di Kabupaten Belitung, kini membuat sumber air baku milik Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kabupaten Belitung, terus mengalami penyusutan.

Terhitung hingga, Rabu (14/8/2019) penyusutan yang sudah terjadi di kolong milik PDAM yaitu mencapai 40 persen.

Ada empat kolong milik PDAM yaitu di dua kolong di Air Serkuk, satu kolong di Desa Perawas dan satu kolong di Desa Dukung Tanjungpandan, Belitung kini sudah mulai menyusut.

"Kalau nanti sampai akhir bulan (bulan Agustus) tidak ada hujan atau sumber air baku ini masih terus menyusut, maka akan kami jadwal untuk pendistribusian kepada pelanggan," ungkap Direktur PDAM Kabupaten Belitung Erwinta kepada posbelitung.co, rabu (14/8/2019).

Distribusi pelanggan PDAM yang akan dijadwal, kata Erwinta, terutama di pendistribusian kolong Desa Perawas dan Desa Dukong.

Lantaran dua kolong tersebut tidak memiliki kolong cadangan.

"Tapi kalau yang dua kolong di Air Serkuk masih bisa, karena ada kolong cadangan. Tapi kalau pun nanti di kolong Air Serkuk seperti itu juga, sama akan kami jadwal kan juga untuk pendistribusian nya," ujarnya.

Untuk musim kemarau ini, diperkirakan sampai akhir bulan September 2019 mendatang dari prakiraan cuaca BMKG dan akan terjadi hujan pada bulan Oktober 2019 mendatang.

"Tapi kami yakin, kalau sesuai dengan prakiraan cuaca itu, pelayanan masih berlangsung dengan normal. Kondisi ini sebetulnya setiap tahun dialami," bebernya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved