Perjuangan Petugas Damkar Belitung Padamkan Api, Sempat Terperosok di Lahan Gambut

Perjuangan petugas Damkar Satpol PP Kabupaten Belitung dalam menjaga Belitung tetap hijau patut diacungi jempol.

Perjuangan Petugas Damkar Belitung Padamkan Api, Sempat Terperosok di Lahan Gambut
posbelitung.co/dede s
Riko Pribadi Komandan Regu 2, Damkar Satpol PP Kabupaten Belitung 

Perjuangan Petugas Damkar Belitung Padamkan Api, Sempat Terperosok di Lahan Gambut

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Perjuangan petugas Damkar Satpol PP Kabupaten Belitung dalam menjaga Belitung tetap hijau patut diacungi jempol.

‎Ketika kode 65 berkumandang, seketika seluruh petugas langsung siaga tak mengenal saat itu tengah menikmati ‎makanan ataupun sekedar melepas lelah dan pantang pulang sebelum padam.

Setibanya di lokasi, selang langsung ditarik untuk menyembuhkan air meredam amukan si jago merah melahap lahan kering.

Bahkan kaki petugas sempat terperosok ketika me‎madamkan api di lahan gambut yang terbakar di sekitar Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung pada Selasa (13/8/2019) lalu.

"Kemarin itu waktu di Keciput, saya sempat sempat sedih melihat anak buah saya sempat tejeblos di lahan gambut sampai paha. ‎Saya sempat panik juga karena kita tidak kenal lokasi, selain itu di dalam gambut itu masih ada api," ujar Komandan Regu 2, Damkar Satpol PP Kabupaten Belitung Riko Pribadi kepada posbelitung.co, Kamis (15/8/2019).

Panasnya sengatan matahari ditambah hawa panas api tak menyurutkan semangat para petugas Damkar demi menjaga Negeri Laskar Pelangi tetap hijau.

Tidak ada tempat berteduh bahkan mereka harus melepas lelah di atas lahan gambut yang masih mengeluarkan asap.

Namun, perjuangan mereka hanya bermodalkan peralatan dan perlengkapan yang sudah uzur seperti baju anti api yang sudah berbau apek, sepatu mulai jebol dan tanpa alat bantu pernafasan atau self contained breathing apparatus (SCBA)‎.

Terlebih, teknis pemadaman kebakaran lahan harus ada satu petugas pemantau ‎untuk memastikan petugas tidak terjebak api saat proses pemadaman.

Halaman
123
Penulis: Dede Suhendar
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved