Berita Belitung

Bupati Belitung Minta Jajaran Birokrasi Jangan Takut Ambil Kebijakan, Dia Siap Pasang Badan

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, sempat membahas tentang peningkatan sumber daya manusia (SDM) pada pidato kenegaraannya

Bupati Belitung Minta Jajaran Birokrasi Jangan Takut Ambil Kebijakan, Dia Siap Pasang Badan
Posbelitung.co/Disa Aryandi
Pelaksanaan rapat paripurna, Jumat (16/8/2019) di DPRD Kabupaten Belitung dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia. 

POSBELITUNG.CO-- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, sempat membahas tentang peningkatan sumber daya manusia (SDM) pada pidato kenegaraannya, Jumat (16/8/2019). Namun penyampaian tersebut, dalam lingkup nasional.

Tidak terkecuali di Kabupaten Belitung, menjadi salah satu daerah yang harus melakukan peningkatan SDM. Namun perihal tersebut tidak terlepas dari segi fasilitas, maupun sarana pendidikan yang ada.

"Nah di Belitung ini, sampai sekarang jenjang perguruan tinggi hanya ada AMB (Akademi Manajemen Belitung). Kalau daerah lain, terutama di pulau Jawa, banyak perguruan tinggi, dan itu pun masih perlu peningkatan SDM, apalagi di Belitung ini yang hanya satu," kata Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) kepada Posbelitung.co, Jumat (16/8/2019).

Tentunya, kata Sanem, adanya perguruan tinggi di Belitung ini harus menjadi bahan pemikiran bersama, apabila berbicara peningkatan SDM. Namun terpenting dalam peningkatan SDM tersebut, kedepan, bukan hanya secara pendidikan formal saja, tapi harus berbicara dasar -dasar peningkatan SDM itu.

"Misalkan dari sisi peningkatan moral, akhlak dan perilaku itu sangat penting juga. Kalau kami mau belajar akhlak, tentu orang itu ingin memperbaiki diri dalam perihal kualitas, skil dan sebagainya," ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, dalam peningkatan SDM sekarang ini sudah didukung dengan perkembangan teknologi informasi.

"Jadi apa yang di sampaikan oleh Pak Jokowi tadi, tinggal dibuka lewat handphone, semua ilmu pengetahuan ada disitu," jelasnya.

Siap Pasang Badan

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, peningkatan SDM tersebut tentu sangat diperlukan. Terutama bagi aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas melakukan pembangunan secara birokrasi maupun regulasi.

Namun, diakui olehnya, kondisi sekarang ini di jajaran birokrasi bawah, merasa ketakutan untuk mengambil sebuah kebijakan, terkhusus untuk pembanguan daerah. Namun ia sudah mengatakan, apa yang menjadi kebijaksanaan Bupati Belitung harus di tindaklanjuti.

"Tentu saya siap bertanggung jawab, saya siap pasang badan kalau terjadi apa-apa. Apalagi urusan kebijaksanaan untuk pembangunan, apapun konsekuensinya saya siap bertanggung jawab, terkecuali pejabat itu korupsi, itu tanggung sendiri," tegas Sanem.

Adanya rasa ketakutan-ketakutan oleh pejabat di Belitung itu, dinilai oleh Sanem menjadi sebuah kekurangan Pemerintah Belitung.

"Tapi kalau kemarin mereka bisa mengimplementasikan, mungkin pembangunan daerah kita akan lebih cepat dari sekarang," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved