Berita Belitung

15 Tahun Lapas Belum Direnovasi, Minim Anggaran, Kalapas Berharap Mitra ke Pihak Ke tiga

Sudah Lima Belas Tahun Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, belum dilakukan renovasi.

15 Tahun Lapas Belum Direnovasi, Minim Anggaran, Kalapas Berharap Mitra ke Pihak Ke tiga
Posbelitung/Yuranda
Kepala Lapas Kelas II B Tanjungpandan, Belitung Seno Utomo, didamping oleh Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), dan Lima Warga Lapas Yang di Bebaskan, Sabtu (17/8/2019) di Lapas Kelas II B Tanjungpandan Kabupaten Belitung. (Posbelitung.co / Yuranda) 

POSBELITUNG.CO-- Sudah Lima Belas Tahun Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, belum dilakukan renovasi.

Keadaan lapas tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, Seno Utomo, Sabtu (17/8/2019).

Seno menyebut, saat ini pihak lapas ke terbatas artinya lapas ini sudah lima belas tahun tidak di renovasi, ia juga mengatakan sedangkan anggaran untuk pembinaan dan fasilitastif sangat minim.

"Lima belas tahun belum di renovasi untuk anggaran pembinaan dan fasilitastif dan yang lainnya sangat minim sekali, kalau boleh kami ingin bermitra dengan siapapun seluruh elemen masyarakat, baik pemerintah maupun swasta yang ingin bekerjasama dengan kami," ungkap Seno.

Dia juga mengatakan, pihak lapas sekarang sudah bermitra dengan koperasi PT Timah Tbk, bentuk kerja sama untuk penanaman pohon 50 ribu pohon sengon.

Seno juga menambahkan, kurang dari 80 persen warga lapas adalah anak mudah di usia produktif, usia 20 sampai 40 tahun.

"Kalau pemerintah menetapkan sumber daya manusia unggul indonesia maju, apa salahnya dengan warga lapas yang kita bina dengan baik di sini,"katanya.

Seno mengharapkan, kepada pihak swasta atau pihak pemerintah ingin bekerjasama dengan pihak lapas untuk menyiapkan mereka(warga lapas--red), setelah bebas tidak menjadi beban, bisa mandiri, minimal berguna bagi dirinya, ‎dan keluarganya.

"Syukur-syukur berguna bagi masyarakat, tidak mengulain perbuatan pidana lagi dan tidak masuk lagi ke dalam lapas. tentunya merupakan keberhasilan bagi masyarakat belitung, dan bukan cuma kami saja," ungkapnya.

Ia minta agar pihak lapas juga membina dan membimbing warga lapas dengan sebaik-baiknya, setelah mereka bebas diharapkan mereka bisa mandiri dan lebih baik lagi. (Posbelitung.co/Yuranda)


Penulis: Yuranda
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved