Advetorial

Upacara Berlangsung Khidmat Bupati Beltim Ajak Isi Kemerdekaan dengan Rasa Tanggung jawab

HUT Kemerdekaan ke-74 RI diharapkan sumber daya manusia bangsa Indonesia akan semakin maju.

Upacara Berlangsung Khidmat Bupati Beltim Ajak Isi Kemerdekaan dengan Rasa Tanggung jawab
pos belitung
Suasana Upacara Perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke 74 di Beltim 

POSBELITUNG.CO-- Upacara bendera merah putih dan Detik-detik Proklamasi di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Sabtu (17/8/2019) berlangsung khidmat di halaman kantor Bupati Beltim. Bupati Beltim,Yuslih Ihza bertindak sebagai inspektur upacara.

Upacara bendera ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Beltim Burhanudin, Forkopimda, para kepala organisasi perangkat daerah (OPD), porsonil TNI, Polres Beltim, dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Beltim, beserta tamu undangan.

Bertindak sebagai komandan upacara Ipda Aditya Pandu Drajat Sejati. Pengibaran bendera merah putih ini dilaksanakan oleh 32 anggota pasukan pengibar bendera Kabupaten Beltim. Mereka terdiri dari 16 putra dan 16 putri yang merupakan siswa dan siswi pilihan dari seluruh SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Beltim.

Sebagai komandan paskibraka adalah Luthfiansyah siswa SMA Negeri 1 Manggar. Luthfiansyah merupakan putra ke-3 dari 3 bersaudara pasangan M Maturidi dan Hartati. Sedangkan pembawa bendera merah putih adalah Sri Wulandari siswa SMA Negeri 1 Gantung, yang merupakan putri pertama dari 2 bersaudara pasangan Saharudin dan Sri Sundari.

Bertindak sebagai pengibar bendera adalah Kenneth Andreas, siswa SMA Negeri 1 Manggar. Kenneth adalah putra pertama dari 2 bersaudara pasangan Andreas Bayu dan Melly Aliyana.

Ia ditemani Surya Winata, siswa SMK Negeri 1 Dendang putra ke-5 dari 6 bersaudara pasangan Hamdani dan Arjunaini, serta Axel Putra Utama, siswa SMA Negeri 1 Gantung putra ke-2 dari 2 bersaudara pasangan Burhanudin dan Indri Hapsari.

Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kabupaten Beltim ditandai dengan suara sirine pada pukul 09.54 WIB. Dilanjutkan pembacaan naskah proklamasi oleh Bupati Beltim Yuslih Ihza dan dilanjutkan pembacaaan pembukaan UUD 45 oleh Ketua DPRD Beltim Tom Haryono Harun.

Bupati Beltim Yuslih Ihza dalam kesempatan itu menyampaikan pada HUT Kemerdekaan ke-74 RI diharapkan sumber daya manusia bangsa Indonesia akan semakin maju.

“Kemajuan suatu bangsa tergantung pada SDM-nya. Kami berharap ke depannya akan lebih canggih lagi sehingga kita bisa sejajar dengan negara maju lainnya,” ujar Yuslih.

Bupati juga mengajak masyarakat dapat mengisi kemerdekaan ini dengan penuh rasa tanggungjawab. Selain itu berbuat yang terbaik untuk negara dan Belitung Timur khususnya.

Foto Bersama Tim Paskibra Usai Pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 74
Foto Bersama Tim Paskibra Usai Pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 74 (pos belitung)

Sementara itu, upacara penurunan bendera berlangsung sore harinya. Kapolres Beltim AKBP Erwin Siboro bertindak sebagai inspektur upacara penurunan bendera merah putih di halaman kantor Bupati Beltim. Penurunan Sang Merah Putih ini dilaksanakan sekitar pukul 17.00 WIB. Betindak sebagai komandan upacara adalah Kapten (Inf) Safrudin.

“Peringatan ini bukan semata memperingati saja, tapi mengingat pahlawan yang telah berjuang, dan kita sebagai rakyat Indonesia harus melakukan perubahan agar lebih baik lagi,” ujar Kapolres Beltim AKBP Erwin Siboro ditemui usai upacara penurunan bendera.

Turut hadir dalam upacara penurunan bendera, diantaranya Bupati Beltim Yuslih Ihza, Wakil Bupati Beltim Burhanudin, Sekda Beltim Ikhwan Fahrozi, Ketua DPRD Beltim Tom Haryono Harun, Dandim 0414 Belitung Letkol (Inf) Indra Padang S, Wakapolres Beltim Kompol Bambang, Kadis Op Lanud Hanandjoeddin Mayor Eka Arbiter, Kajari Beltim Widagdo, serta kepala OPD dan tamu undangan lainnya.

“Kita harus memaknai kemerdekaan terhadap perjuangan bangsa dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan kita selaku pemuda penerus pelaksana pembangunan daerah, mari kita benar-benar fokus, mari kita betul mencintai negara ini dengan menghargai semangat perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan kita,” jelas Wakil Bupati Beltim, Burhanudin (Aan) ditemui usai penurunan bendera.

Menurut Aan, rasa nasionalisme, rasa cinta tanah air pada generasi muda dalam menghormati simbol-simbol negara saat ini sudah mulai menurun. Karena itu diharapkan seluruh institusi dan stakeholder yang ada bergandengan tangan membangun kebersamaan untuk menumbuhkan rasa cinta kepada bangsa melalui pembinaan ideologi dan mental. (adv/q5)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved