Soal Sebutan Square, Begini Tanggapan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto mengatakan giant letter bertuliskan 'Satam Square' merupakan penguatan sekaligus

Soal Sebutan Square, Begini Tanggapan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto, Selasa (20/8/2019). 

Soal Sebutan Square, Begini Tanggapan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto mengatakan giant letter bertuliskan 'Satam Square' merupakan penguatan sekaligus penjelasan mengenai tugu di pusat Kota Tanjungpandan itu.

Menurutnya, masyarakat Belitung pasti sudah paham mengenai satam, namun tentunya wisatawan memerlukan informasi tambahan mengenai hal tersebut.

"Jadi sebagai penguatan karena ada penjelasan apa itu satam sampai disebut sebagai black diamond, jadi ini menjadi daya tarik tambahan dan sumber informasi yang lebih jelas bagi wisatawan," katanya, Selasa (20/8/2019).

Penulisan 'square' menurutnya juga sah-sah saja dilakukan karena merujuk nilai historis kawasan tersebut yang dulunya bukan berupa lingkaran atau bundaran.

Dulunya, kawasan tersebut ada namanya stanplaat yang bentuknya segi empat. Bahkan tak menutup kemungkinan, kedepannya kawasan tersebut Akan berubah bentuk karena situasi lalu lintas yang semakin ramai sehingga akan dikembalikan pada bentuk-bentuk lain.

"Saya pikir itu sah-sah saja. Dan saya pikir dari nilai jualnya wisatawan lebih enak dengernya daripada Satam Circle, karena dimana-mana di lokasi wisata dunia seperti Singapura dan Malaysia lebih banyak yang menggunakan kata square," imbuhnya.

Penambahan giant letter dan replika satam di sekitar lokasi yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Belitung dinilainya sebagai bagian pembangunan pariwisata melalui tugasnya masing-masing.

Dalam hal ini mendukung kepariwisataan terutama dalam menambah keindahan wajah kota.

"Dalam hal ini Dinas Pariwisata berharap kawan-kawan dari berbagai OPD ini dengan kreativitasnya berinovasi dan berkreasi sehingga wajah Tanjungpandan dapat kejutan bagi wisatawan yang berkunjung," jelasnya.

Jerman juga menambahkan ikon Tugu Satam juga merupakan suatu upaya dari pemerintah Kabupaten Belitung untuk lebih memperkenalkan satam sebagai warisan geologi dan menjadi ikon Geopark Belitung. Bahkan saking ikoniknya satam, Profesor Guy Martini selaku sekretaris UNESCO Global Geopark begitu excited atau gembira melihat peninggalan geologi tersebut. Sehingga hal ini menjadi kekuatan yang dimiliki Kabupaten Belitung untuk diangkat agar lebih mendunia.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved