Berita Belitung

Pembebasan Lahan Hutan Masuk Tahap Akhir, Pemasangan Patok Lahan yang Akan Dibebaskan

Program Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA), di Kabupaten Belitung Timur saat ini sudah memasuki tahapan akhir dalam proses di Kementerian Kehutanan

Pembebasan Lahan Hutan Masuk Tahap Akhir, Pemasangan Patok Lahan yang Akan Dibebaskan
Posbelitung.co/Suharli
Kasubbag TU UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Gunung Duren Belitung Timur, Yono Cahyono.

POSBELITUNG.CO-- Terkait pembebasan lahan hutan untuk masyarakat yang merupakan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupa program Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA), di Kabupaten Belitung Timur saat ini sudah memasuki tahapan akhir dalam proses di Kementerian Kehutanan.

Untuk saat ini pada tahapan pemancangan patok-patok batas terhadap areal kawasan hutan yang akan dibebaskan.

Hal ini disampaikan, Kasubbag TU UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Gunung Duren Belitung Timur, Yono Cahyono, seizin Kepala UPTD KPHP Gunung Duren, Nurdiansyah.

"Untuk itu (pelepasan lahan hutan--red) melalui TORA, kalau di Kehutanan sudah memasuki proses tahapan akhir, yakni pemancangan patok batas-batas terhadap areal kawasan hutan yang akan dilepaskan. Saat ini sedang berlangsung yang dilaksanakan oleh Tim Teknis dari Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah XIII Pangkalpinang dan didampingi oleh Personil dari UPTD KPHP Gunung Duren," jelas Yono kepada posbelitung, Rabu (21/8/2019).

Menurutnya, pemetaan hasil pemancangan batas dan terakhir penerbitan peta kawasan hutan yang dilepas (areal TORA) yang akan dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Setelah itu baru akan ditindaklajuti oleh Kementerian ATR/BPN untuk proses penerbitan sertifikatnya mungkin melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Itu ranahnya BPN, silakan konfirmasi ke pihak BPN y yang penting kalau di kehutanan khususnya di Provinsi Bangka Belitung sudah memasuki tahap akhir,"saran Yono.

Ditanya perihal luasan kawasan hutan yang akan dibebaskan , menurutnya, berdasarkan data dari BPKH Pangkalpinang bahwa areal kawasan hutan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan dilakukan perubahan batas kawasan hutan (dilepaskan) dalam program TORA adalah seluas sekitar 1.890,59 hektar dan untuk Kabupaten Belitung Timur sendiri seluas sekitar 307,43 hektar.

Diakui Yono, usulan yang diajukan oleh Pemerintah Kabupaten sebenarnya banyak, namun memang tidak semua usulan disetujui.

"Kalau untuk usulan hampir semua desa di Beltim mengusulkan, cuma tidak semua disetujui, yang disetujui seperti tersebut diatas itu rata-rata adalah pemukiman, dan untuk di Beltim adanya di Desa Senyubuk, Pembaharuan, Mayang, Air Kelik, Sukamandi, Mekar Jaya, Desa Baru, Lilangan, Batu Itam dan Desa Nyuruk, jadi untuk saat ini tahapannya sedang berlangsung Pemasangan patok," sebut Yono.

Sementara terhadap usulan-usulan yang lainnya berupa lahan garapan ataupun penggunaan lainnya yang belum terakomodir dalam program TORA tersebut, diarahkan untuk ditempuh melalui skema perhutanan sosial, perizinan penggunaan kawasan hutan ataupun skema lainnya yang sesuai ketentuan peraturan perudangan-undangan yang berlaku. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved