Tak Kenal Waktu Unit Damkar Padamkan Api

Sekitar pukul 14.30 WIB, unit Damkar tiba di lokasi kejadian, yang keadaan api sudah agak reda, tampak beberapa warga dengan membawa beberapa jeriken

POSBELITUNG.CO - Raungan sirene menandai unit Damkar keluar dari kantor BPBD Belitung Timur, sejak bulan Juli sampai dengan Agustus 2019 beberapa titik api bermunculan sehingga membuat mereka bekerja ekstra.

Sekitar pukul 14.00 WIB, Rabu (21/8/2019) mereka mendapat telepon kejadian kebakaran yang terjadi di kawasan Aik Bandung, Desa Batu Penyu, Kecamatan Gantung, Belitung Timur. Lokasi tersebut merupakan kawasan lahan kelompok tani yang juga terdapat pemukiman warga.

Posbelitung yang kebetulan di saat kejadian juga berada dikantor BPBD pun diajak langsung dalam proses pemadaman kebakaran, tampak mereka tergesa-gesa ketika mendapat kabar kebakaran.

"Enam Lima," teriak satu di antara anggota Damkar, yang mana diketahui 65 adalah kode mereka ketika ada kejadian kebakaran.

Dua unit mobil damkar diturunkan, suara sirine mengiringi perjalanan mereka dengan tujuan agar mereka diprioritaskan agar lebih cepat sampai lokasi kejadian, namun kenyataan masih saja ada yang tidak mau mengalah atau meberi jalan.

Sekitar pukul 14.30 WIB, unit Damkar tiba di lokasi kejadian, yang keadaan api sudah agak reda, tampak beberapa warga dengan membawa beberapa jeriken yang juga turut membantu.

Hanya ada beberapa sumber api yang tak bisa dijangkau dengan selang air, unit damkar pun turun menggunakan beberapa pompa gendong menelusuri sumber api,
tak berapa lama mereka keluar dari lokasi tersebut, tugas selesai mereka pun kembali kekantor BPBD Beltim.

Tak kenal waktu, sekitar pukul 18.00 WIB mereka kembali menerima telepon, kali ini kebakaran terjadi di Desa Selinsing, Kecamatan Gantung tak jauh dari Polsek Gantung.

Tim meluncur ke lokasi. Sesampai di lokasi mereka pun dibantu oleh pihak Polsek Gantung dan Tagana Beltim.

Kapolsek Gantung Iptu Karyadi menyampaikan luasan yang terbakar sekitar 2 hektar yang mana lokasi tersebut merupakan lahan perkebunan milik warga.

Sementara itu, Ketua Regu Tiga BPBD Damkar Husnul Yaqin mengatakan mengerahkan seluruh anggotanya sebanyak empat persnonil menggunakan pompa gendong, sisanya dengan mengunakan air dari mobil damkar menyemprot api yang sudah mendekati rumah warga. (Posbelitung.co/suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Tomi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved