Berita Belitung

Tiga Penyakit Ini Rawan saat Cuaca Panas, Penyebabnya dari Debu dan Air yang Tercemar

Ada tiga penyakit yang rawan diderita saat cuaca panas seperti diare. Penyakit ini berkaitan dengan penggunaan air tercemar dan debu

Tiga Penyakit Ini Rawan saat Cuaca Panas, Penyebabnya dari Debu dan Air yang Tercemar
TribunJakarta.com
Penyakit Kulit 1 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG  - Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono mengatakan ada tiga penyakit yang rawan diderita saat cuaca panas seperti diare, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), dan waterborne disease. Penyakit ini berkaitan dengan penggunaan air tercemar dan meningkatnya intensitas debu.

"Pencegahan kalau diare memang tetap memperhatikan penggunaan air bersih, jangan menggunakan air sembarangan," katanya, Rabu (21/8/2019).

Sementara itu, ISPA seperti flu dan pilek disebabkan akibat debu dan cuaca panas yang mengakibatkan gangguan saluran pernapasan. Makanya, tindakan preventif yang harus dilakukan yakni menggunakan masker untuk mengurangi paparan terhadap udara luar yang kotor dan memicu infeksi. Selain itu konsumsi air putih harus ditingkatkan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono.
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono. (posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Menurutnya ISPA paling lama biasanya paling lama lima hari. Tapi bergantung istirahat, perilaku hidup bersih dan sehat serta makan makanan bergizi.

"Yang jelas saat musim panas begini air sanitasi harus diperhatikan. Selain itu air yang kurang bersih bisa mengakibatkan waterborne disease, penyakit yang ditularkan karena air, satu di antaranya penyakit kulit," jelas Joko.

Sanitasi yang kurang bisa menyebabkan alergi sehingga harus diwaspadai.

"Harus waspada dan hati-hati, agar tetap menggunakan air kotor," tuturnya.

(posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved