Breaking News:

Berita Belitung

Penentuan Status Global Geopark Belitung Ditentukan 3 September, Bupati Belitung Mohon Doa

Status Global Geopark untuk Pulau Belitung sebentar lagi akan ditentukan oleh Unseco Global Geopark (UGG).

Dokumen Pos Belitung
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Status Global Geopark untuk Pulau Belitung sebentar lagi akan ditentukan oleh Unseco Global Geopark (UGG). Penentuan itu akan melalui sidang di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tanggal 3 September 2019 mendatang.

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung H MZ Hendra Caya serta tim Geopark Pulau Belitung rencana akan menghadiri secara langsung sidang lulus atau tidaknya Belitung mendapat status Geopark Global.

"Kalau saya sangat yakin sekali status global geopark itu akan didapat oleh Belitung secara keseluruhan, karena selama ini sudah melalui proses yang panjang," ucap Sanem kepada posbelitung.co, selasa (27/8/2019).

Keyakinan tersebut diperkuat dengan item yang menjadi andalan Belitung yaitu batu satam. Sebab, untuk batu satam tersebut suatu benda yang tidak dimiliki oleh daerah lain maupun negara lain.

"Ditambah satu lagi adalah tarsius. Tapi secara geologi, batu satam itu dan itu memang diakui oleh tim assesor sebelumnya. Jadi kami mohon doa lah kepada masyarakat agar status global geopark itu, istilahnya lulus waktu sidang," ujarnya.

Sebelumnya untuk Pulau Belitung ini telah resmi berstatus geopark nasional pada November 2017 lalu. Kabupaten Belitung dan Belitung Timur secara langsung memiliki status tersebut, lantaran dua kabupaten ini mencangkup usulan geopark.

(posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved