Berita Belitung

Melamar Kerja Pakai Scan Barcode, Panitia Job Fair Belitung Timur Bantu Registrasi Online Pencaker

Bagi pencari kerja yang kesulitan registrasi online, panitia siap membantu proses pendaftaran di pintu masuk area Job Fair.

Penulis: Suharli | Editor: Ardhina Trisila Sakti
posbelitung.co/Suharli
Tim panitia Job fair saat membantu para pencaker untuk registrasi online.Rabu (28/8/2019) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG  - Hanya dua hari, ayo ramaikan Job Fair yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Manggar mulai 28-29 Agustus 2019.

Bagi pencari kerja yang kesulitan registrasi online, panitia Job Fair dari Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (DISNAKERKOPUKM) Kabupaten Belitung Timur siap membantu proses pendaftaran di pintu masuk area Job Fair.

Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Disnaker Belitung Timur, Halifa mengatakan sudah ada petugas siang siap membantu para pencaker melakukan registrasi online.

"Bisa kami bantu, kami fasilitasi untuk registrasi online berada di pintu masuk," ujar Halifa pada posbelitung.co, Rabu (28/9/2019)

Menurut Halifa mekanisme mengikuti Job Fair para peserta awalnya melakukan registrasi dulu via online. Setelah pencaker melakukan registrasi online, mereka mendapatkan user id.

"User id itu digunakan pada saat mereka masuk area job fair jadi user Id dibuka di aplikasinya. Dari tim panitia men-scanner barcode pencaker masing-masing. Setelah scaner sukses mereka masuk area job fair, pencaker ini semisal minat untuk jabatan tertentu tinggal scan barcode yang tersedia di stand perusahaan penyedia lowongan. Berarti mereka by sistem sudah melamar, sehingga nanti pihak perusahaan yang juga sudah memiliki user id juga bisa memantau berapa jumlah jabatan yang sudah dilamar oleh pencaker," ujar Halifa.

Satu diantara pencaker di Job Fair yang ditemui posbelitug.co, Ariyansyah mengatakan adanya Job Fair memudahkan masyarakat mencari lowongan pekerjaan terbuka. Ari mengaku saat akan melakukan registrasi hanya terkendala pada jaringan saja.

Dia mengaku mendapatkan informasi Job Fair di Belitung Timur  melalui website.

"Saya basicnya mesin, kebetulan beberapa perusahaan yang membuka lowongan sesuai bidang saya. Tadi masukin tiga lamaran," ujar pria asal Desa Kelubi, Kecamatan Manggar.

(posbelitung.co/Suharli)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved