Berita Belitung

Hawani : Tidak Ada Jual Beli Darah, Masyarakat Harus Diedukasi

Setelah darah diterima oleh petugas, akan dicek kesehatan dan kandungan darahnya. Pengecekan ini memerlukan obat yang tidak murah.

Hawani : Tidak Ada Jual Beli Darah, Masyarakat Harus Diedukasi
(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Storage darah di UTD PMI Kabupaten Belitung, Senin (2/9/2019) 

POSBELITUNG.CO -- Darah merupakan elemen penting bagi tubuh manusia. Saking pentingnya, ia tidak bisa digantikan atau diciptakan oleh apapun dan siapapun. Karena itulah perawatan darah terbilang mahal. Untuk satu kantong darah dihargai Rp 360 ribu.

Menurut Kepala Bidang Teknis Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Belitung Hawani, harga tersebut bukanlah harga darahnya. Melainkan harga perawatan dan penyimpanannya.

"Mulai dari darah tersebut didonorkan oleh pendonor sampai ke tangan penerima donor harus melewati proses yang panjang," katanya kepada posbelitung.co, Senin (2/9/2019).

Kantong darahnya sendiri memang mahal harganya dan diimpor dari Jepang dan Jerman. Indonesia belum ada pabrik untuk membuat kantong darah sendiri.

Setelah darah diterima oleh petugas, akan dicek kesehatan dan kandungan darahnya. Pengecekan ini memerlukan obat yang tidak murah. Setelah itu diperiksa lagi apakah darah itu terbebas dari empat penyakit, hepatitis b, hepatitis c, sifilis, dan HIV. Setelah itu darah tersebut disimpan di lemari pendingin bertemperatur khusus agar sel-sel darah tidak rusak.

Setelah dipastikan tidak ada penyakit yang positif dan yang lainnya sesuai standar baru darah tersebut bisa digunakan untuk pasien yang membutuhkan.

Hawani bercerita kadang merasa malu sendiri karena saat masyarakat ke PMI selalu bilang, "mau beli darah". Ia malu kepada para pendonor sukarela yang mendengarnya.

"Itulah kami juga tidak bisa menyalahkan masyarakat sepenuhnya. Diberikan edukasi-edukasi supaya masyarakat tahu PMI bukan memperjualbelikan darah," ujar Hawani.

Menurutnya saat ini masyarakat sudah cukup aware terhadap donor darah. Mulai tahu manfaat-manfaat dari donor darah. "Ya harapannya bisa terus seperti ini. Masyarakat ikut aktif berkontribusi," harapnya.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved