Kursus Las Bekal Berdikari dan Mandiri

PEMERINTAH Kelurahan Kampong Damai, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung menggelar program pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan pengelasan

Kursus Las Bekal Berdikari dan Mandiri - kursus-las-bekal-berdikari-dan-mandiri.jpg
ist/Kursus Las Bekal Berdikari dan Mandiri
Sebelumnya dana ini memang tidak ada dan baru tahun ini yang dicanangkan Presiden Jokowi pada Oktober 2018 lalu,” ujar Lurah Kampong Damai Indrawansyah, Jumat (29/8)
Kursus Las Bekal Berdikari dan Mandiri - program-pemberdayaan-masyarakat-kelurahan-kampong-damai.jpg
ist/Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Kampong Damai
PEMERINTAH Kelurahan Kampong Damai Kabupaten Belitung menggelar program pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan pengelasan tingkat dasar
Kursus Las Bekal Berdikari dan Mandiri - kursus-las-bekal-berdikari-dan-mandiri-di-kelurahan-kampong-damai.jpg
ist/Kursus Las Bekal Berdikari dan Mandiri di Kelurahan Kampong Damai
Sebelumnya dana ini memang tidak ada dan baru tahun ini yang dicanangkan Presiden Jokowi pada Oktober 2018 lalu,” ujar Lurah Kampong Damai Indrawansyah, Jumat (29/8)

POSBELITUNG.CO--PEMERINTAH Kelurahan Kampong Damai, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung menggelar program pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan pengelasan tingkat dasar.

Kegiatan yang berlangsung selama 20 hari di halaman belakang kantor ini, menggandeng Lembaga Pendidikan & Pelatihan Mahesa selaku penyelanggara. Pesertanya sebanyak 10 orang mayoritas pemuda setempat.

“Kegiatan pemberdayaan ini berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) kelurahan (Dana Alokasi Umum Tambahan Kelurahan) yang dikucurkan tahun 2019 ini. Sebelumnya dana ini memang tidak ada dan baru tahun ini yang dicanangkan Presiden Jokowi pada Oktober 2018 lalu,” ujar Lurah Kampong Damai Indrawansyah, Jumat (29/8).

Ia menjelaskan DAU kelurahan dialokasikan buat dua kegiatan yaitu pemberdayaan masyarakat dan peningkatan sarana prasarana umum. Namun dalam pencairan perdana lebih memfokuskan pemberdayaan (untuk 2019 Kelurahan Kampung Damai lebih fokus pada kegiatan pemberdayaan masyarakat).

Diharapkan para peserta yang notabene pemuda setempat mampu berdikari dan mandiri. Selain itu berbekal ilmu yang didapat, bisa bekerja atau membuka lapangan pekerjaan di lingkungan tempat tinggalnya.

“Mereka ini nanti akan mendapatkan sertifikat. Jadi setidaknya sudah punya modal ilmu untuk kemandirian sesuai tujuan kegiatan ini,” ujarnya.

Sebagai tindak lanjut, Indra akan mengarahkan para peserta yang sudah tergabung dalam kelompok usaha itu mengajukan bantuan berupa peralatan las kepada dinas terkait.

Seorang peserta, Verry Sonepel menilai, pelatihan sangat bermanfaat bagi dirinya. Menurutnya selama beberapa pekan mengikuti kursus, muncul rasa bangga karena hasil karya sudah dimanfaatkan masyarakat. Setidaknya saat ini, mereka sudah memiliki bekal ilmu pengelasan dasar yang bisa dimanfaatkan di kemudian hari.

“Alhamdulillah, yang awalnya tidak tahu jadi tahu. Awalnya takut sekarang tidak takut. Apalagi hasilnya seperti tower air sudah dimanfaatkan, walaupun masih terdapat kekurangan,” kata Verry.

“Pimpinan lembaga Pendidikan & Pelatihan Mahesa Fitra Haryanton mengatakan, selama pelatihan yang di mulai tanggal 12 Agustus hingga 7 Juli 2019, para peserta diberikan materi yang sesuai dengan kurikulum berupa K3, Alat Ukur dan Cara pengelsan tingkat dasar dengan simulasi teori dan praktek dimana cara membuat skema kerja, membaca skema kerja, mengitung bahan yang akan dipakai dan melaksanakan pembuatan produknya.

“Para peserta yang berjumlah 10 orang dibagi menjadi 5 kelompok dan diberikan tanggung jawab alat kerja berupa mesin inverter las, tools box lengkap dengan peralatan untuk 2 orang peserta. Instruktur Lembaga Pendidikan & pelatihan Mahesa adalah putra daerah Belitung yang sudah berpengalaman dan Bersertifikat dibidangnya,” katanya.

Ia menambahkan, selama beberapa hari, para peserta sudah menghasilkan karya bernilai ekonomis. Seperti tower air, alat pemanggang, tempat vas bunga dengan bentuk sepeda, tralis dan lainnya.

(adv/dol)

Tags
kursus las
Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved