Berita Belitung

Stok Darah AB dan B Kosong, PMI Siapkan Cadangan untuk Kondisi Darurat

Kepala Markas Palang Merah Indonesia Kabupaten Belitung Bustam‎‎ mengatakan, stok golongan darah AB dan B saat ini ‎kosong

Stok Darah AB dan B Kosong, PMI Siapkan Cadangan untuk Kondisi Darurat
(Posbelitung.co /Yuranda)
Kepala Markas Palang Merah Indonesia Kabupaten Belitung Bustam‎‎, saat dijumpai di ruangan kerjanya, Senin(2/9/2019) 

POSBELITUNG.CO -- Kepala Markas Palang Merah Indonesia Kabupaten Belitung Bustam‎‎ mengatakan, stok golongan darah AB dan B saat ini ‎kosong, sedangkan untuk stok darah A dan O masih tersedia.

"Untuk golongan darah AB dan B abis stok, kalau AB hari ini habis, sedangkan B dari bulan kemarin sudah habis. Ada yang donor darah B, tapi tak beberapa lama darah tersebut, telah diambil lagi oleh pasien," kata Bustam, Senin (2/9/2019).

Lebih lanjut Bustam mengatakan, untuk stok darah sebenarnya tidak kosong semua, hanya saja mereka mempersiapkan keadaan darurat.

"‎Kalau stok ada tapi dikhususkan untuk keadaan darurat, kami juga sudah mengantisipasi untuk hal itu, biasanya untuk stok keadaan darurat itu teman-teman dari UGD dan IGD sudah mempersiapkan hal itu," katanya.

Sedangkan, Kalau ‎permintaan tidak terlalu darurat maka pihaknya, akan tawarkan kepada pihak keluarga untuk melakukan donor terlebih dahulu, kalau tidak cocok maka pihaknya akan mencari langsung ke komunitas atau pendonor darah tetap.

"Kita juga melihat permintaan dari rumah sakit, kalau permintaan paling banyak O, maka otomatis golongan darah O yang sulit. Tetapi rata-rata semua golongan darah agak kesulitan," ucapnya.

Seperti dua bulan belakangan, dirinya mengungkapkan, pasien rata-rata kompak memerlukan golongan darah B, maka yang kosong darah B.‎ K‎alau untuk antisipasi darah yang kosong, PMI melakukan donor di markas PMI sendiri.

"Untuk waktunya, dari senin sampai sabtu yang efektifnya, sedang minggu pelayanan. Kami juga rutin melakukan aksi donor ‎cuma kami punya rang waktunya, misalnya 2 bulan sekali, atau tiga bulan sekali, karena kami juga kesulitan, kalau untuk satu bulan sekali," katanya.

Lanjutnya, PMI juga melakukan aksi donor darah bersama TNI, Polri, Dinas dan Instansi, rutin tiga bulan sekali. Aksi tersebut dilakukan oleh anggota TNI, Polri, Dinas , dan Instansi yang mendonorkan darah mereka.

"Kami juga dibantu oleh kawan-kawan yang lainnya, untuk mendonorkan darah mereka. Tetap rutin mengadakan aksi donor 3 bulan satu kali, dalam satu kali aksi donor itu kami mendapatkan rata-rata 30 kantong darah, sedangkan satu kantong 300 ml, " pungkasnya.

(Posbelitung.co /Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved