Berita Belitung

BPJS Kesehatan Baru Minta Kenaikan Rp 2.000 untuk Iuran PBI ke Pemerintah Daerah Belitung

sejauh ini memang sudah ada permintaan dari BPJS Kesehatan untuk meminta kenaikan iuran kepesertaan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Belitung.

BPJS Kesehatan Baru Minta Kenaikan Rp 2.000 untuk Iuran PBI ke Pemerintah Daerah Belitung
Posbelitung.co/Disa Aryandi
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Suhandri 

POSBELITUNG.CO-- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung dr Suhandri mengatakan, sejauh ini memang sudah ada permintaan dari BPJS Kesehatan untuk meminta kenaikan iuran kepesertaan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Belitung.

Namun, permintaan kenaikan iuran itu hanya khusus peserta penerima bantuan iuran (PBI) yang menggunakan APBD Kabupaten Belitung.

Sekarang ini, untuk satu orang peserta BPJS Kesehatan berstatus PBI, setiap bulan di bayar menggunakan APBD sebesar Rp 23.000.

"BPJS minta di naikan menjadi Rp 25.000 per peserta, jadi kenaikan yang diminta Rp 2.000, tapi kalau untuk mandiri tidak ada, karena mereka membayar masing-masing," kata Suhandri kepada posbelitung.co, Selasa (3/9/2019).

Untuk kepesertaan BPJS Kesehatan yang berstatus PBI tersebut, kata dia, hanya mendapat fasilitas kesehatan kelas III. Apabila iuran BPJS kesehatan semakin naik, tentu belanja APBD Belitung akan kembali mengalami kenaikan.

"Sekarang saja untuk keperluan itu, belanja APBD sekitar Rp 16 miliar, termasuk untuk biaya berangkat pasien, pendamping pasien kalau di rujuk ke Jakarta," ujarnya.

Sebelumnya, untuk peserta PBI BPJS Kesehatan ini tidak lagi mendapatkan mendapatkan bantuan pembiayaan pemerintah dan digantikan dengan peserta baru. Khusus untuk Kabupaten Belitung, tercatat ada sekitar 1500 kepesertaan yang sudah di stop terhitung tertanggal 1 Agustus 2019 kemarin.

Sekitar 1500 kepesertaan itu, adalah temuan Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Temuan tersebut berupa data kepesertaan yang sudah tidak valid, kepesertaan yang berstatus meninggal dunia, dan peserta yang status kependudukan sudah pindah.

Data penonaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan tersebut, sekarang sudah diterima oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung. Sebab untuk PBI ini, ada yang menggunakan APBD dan APBN.

Untuk kepesertaan PBI BPJS Kesehatan itu, khusus yang menggunakan APBN di Kabupaten Belitung berjumlah 34.000 peserta, sedangkan untuk menggunakan APBD yaitu 64.000 peserta.(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved