Breaking News:

Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi, Beltim Tampilkan Menu Talas dan Sukun

Sebanyak 7 kabupten kota mengikuti perlombaan gelar pangan daerah dan lomba cipta menu pangan beragam bergizi seimbang

Posbelitung/suharli
Sekda Provinsi Bangka Belitung, Yulizar Adnan didampingi, Sekdin Pertanian dan pangan Belitung Timur Trijaka Priyono, saat mengunjungi stand LCM dan Gelar Pangan Daerah, di Oantai Nyiur Melambai Belitung Timur, Selasa (3/9/2019) 

POSBELITUNG, BELITUNG TIMUR - Sebanyak 7 kabupten kota mengikuti perlombaan gelar pangan daerah dan lomba cipta menu pangan beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA), yang dipusatkandi pantai Nyiur melambai, Desa Lalang, Manggar Belitung Timur.

Menu yang dilombakan dalam cipta menu yakni makanan khas daerah dari masing-masing kabupaten kota.

Dari Belitung Timur sendiri menyajikan makanan yang terbuat dari bahan baku talas yang dikukus diolah menjadi hidangan sebagai pengganti penggganti nasi.

Sedangkan dalam B2SA Beltim menampilkan bebrbagai bahan olahan ynag terbuat dari bahan baku suku, meliputi brownis sukun, keripik sukun, dodol sukun dan sebagainya.

Kepala Bidang Ketahanan pangan, Dinas Pertanian dan Pangan, Agustian menyampaiakan tujuan diselenggarakan kegiatan ini guna meningkatkan pemahaman masyarakat dalam oenerapan konsumsi pangan B2SA dengan memanfaatkan pengolahan bahan pangan lokal.

"Selanjutnya guna mendorong krestifitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan yang bernilai komersial," ujar Agustian kepada posbelitung. Selasa (3/9/2019).

Agus menyampaikan pengolahan bahan baku lokal saat ini sudah berkembang, yang dilaksanakan oleh kelompok Wanita Tani (KWT) yang mana kedepannya akan diarahkan menjadi kelompok model pengembangan pangan pokok Lokal (MP3L)

"Hampir semua desa ada KWT yang diinisiasi oleh kelompok dasawisma, hasil olah prodak mereka oun saat inibsudah mulai diperdagangkan dipusat oleh-oleh dikota Manggar," beber Agus.

Peserta yang keluar menjadi pemenang dalam kegiatan rutin tingkat Provinsi Babel tahun ini direncakan akan mengikuti LCM tingkat nasional yang puncaknya pada 16 Oktober 2019 akan datang, yang bertepatan dengan hari pangan sedunia, bertempat di Kendari, Sulawesi Tenggara.

(Posbelitung.co/suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved