Ratusan Driver GoJek Belitung Mogok Beroperasi, Aplikasi Dinonaktif

Ratusan driver GoJek di Kabupaten Belitung melakukan aksi mogok kerja.

Ratusan Driver GoJek Belitung Mogok Beroperasi, Aplikasi Dinonaktif
Pos Belitung/Disa Aryandi
Sejumlah driver GoJek di Tanjungpandan Belitung melakukan aksi menonaktifkan aplikasi 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Ratusan driver GoJek di Kabupaten Belitung melakukan aksi mogok kerja. Seluruh aplikasi GoJek tersebut dinonaktifkan oleh driver GoJek, lantaran sedang melakukan aksi protes  Rabu, (4/9/2019).

Mereka memprotes penerapan tarif baru yang berdampak terhadap bonus yang di dapat berkurang hingga 50 persen.

Driver GoJek tersebut sudah melakukan aksi tidak mengaktifkan aplikasi tersebut mulai dari Senin (2/9/2019). Sebagian driver GoJek saat ini hanya nongkrong di area KV Senang Tanjungpandan dan sebagian mencari kesibukan lain.

"Ini sudah hari ke tiga. Belum tau apakah besok akan diaktifkan atau tidak oleh teman - teman aplikasinya, tapi kalau sekarang nonaktif semua dari hari senin," ujar Ketua Komunitas GoJek Belitung Guntung Sukarna kepada posbelitung.co, Rabu (4/9/2019).

Menurut Sukarna, hitungan 50 persen bonus yang dikurangi oleh manajemen GoJek untuk wilayah Belitung cukup besar. Apabila driver mendapatkan 20 point dalam sehari, hanya dihargai Rp 40.000.

"Sedangkan untuk mengejar 20 point itu tidak gampang, yang besar itu go food, itu satu kali order 2 point, kalau yang lain penumpang misalkan hanya satu point. Kami sudah berusaha konfirmasi ke manajemen GoJek pusat, tapi kata nya untuk dialihkan ke voucher konsumen," ujarnya.

Hasil yang didapat perhari driver tersebut, lanjut dia, tentu di potong dengan uang bensin dan uang makan. Sehingga pendapatan para driver kini sangat jauh berbeda di bandingkan sebelumnya.

"Apalagi hitung hitungan per kapita, sangat jauh sekali. Dulu kami masih bisa terkumpul Rp 3.000.000,- perbulan, bahkan lebih kalau yang giat, tapi kalau hitungan kami sekarang sudah jauh merosot," bebernya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved