Berita Belitung

Pembangunan di Daerah Terkendala Prioritas Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat Tak Sinkron

Wakil Ketua DPD RI Komite IV, Ayi Hambali, mengakui pembangunan di daerah saat ini masih terkendala antara prioritas daerah dan prioritas pusat.

Pembangunan di Daerah Terkendala Prioritas Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat Tak Sinkron
Posbelitung/Yuranda
Penyerahan cinderamata dari Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) kepada Wakil Ketua DPD RI Komite IV, Ir Ayi Hambali, Jumat (6/9/2019) di ruang sidang pemerintah Kabupaten Belitung. 

POSBELITUNG.CO-- Wakil Ketua DPD RI Komite IV, Ayi Hambali, mengakui pembangunan di daerah saat ini masih terkendala antara prioritas daerah dan prioritas pusat.

"Kendalanya antara prioritas daerah dengan prioritas ‎pusat berbeda misalnya yang di usulkan jalan ini, yang dibangun jalan yang lain oleh pusat, itu kendalanya," ungkap Ayi kepada posbelitung.co, Jumat (6/9/2019).

Menurutnya, pemerintah pusat dan pemerintah daerah berbeda pandangan, tentang mana yang harus di prioritaskan dan mana yang tidak diprioritaskan, karena ada perbedaan pandangan sehingga perlu dilakukan sinkronisasi.

"Kami mendorong kementerian keuangan dan kementerian Bappenas untuk melakukan sinkronisasi dalam hal dana alokasi khusus, dana alokasi khusus terutama yang berkaitan dengan pembangunan dan infrastruktur dasar untuk pelayanan kepada masyarakat," saran Ayi.

Diakuinya, jumlah anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) sebanyak 132 orang, namun tidak bisa mengunjungi 34 provinsi di Indonesia sekaligus sehingga kunjungan tugas ke daerah dibagi-bagi.

Pada kesempatan ini pihaknya hanya mengunjungi tiga provinsi saja. Sedangkan untuk mendengarkan usulan di daerah, mereka mempunyai anggota DPD RI di daerah masing-masing yang ditugaskan di daerah tersebut.

"Kami ada anggota DPD RI di daerah yang ditugaskan, untuk menerima aspirasi dan akan disampaikan kepada kami. Sebenarnya usulan-usulan yang disampaikan itu sudah disampaikan ke kementerian keuangan dan  Bappenas," jelas Ayi 

Pihaknya hanya dapat penguatan usulan tersebut dari para pejabat yang ada di daerah masing-masing.(Posbelitung.co/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved