Berita Belitung

2020, Kuota Pelatihan Tenaga Kerja di Belitung 300 Orang, Ayo Buruan Daftar

Kabupaten Belitung kini sudah berencana untuk melakukan penambahan peserta yang mengikuti pelatihan tenaga kerja

2020, Kuota Pelatihan Tenaga Kerja di Belitung 300 Orang, Ayo Buruan Daftar
Wartakotalive.com/Muhammad Azzam
Ilustrasi - Kementerian Ketenagakerjaan melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan 500 komunitas lembaga penerima bantuan untuk mengembangkan Balai Latihan Kerja (BLK). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKPTK) Kabupaten Belitung kini sudah berencana untuk melakukan penambahan peserta yang mengikuti pelatihan tenaga kerja pada tahun 2020 mendatang.

Rencana penambahan peserta itu menjadi 300 orang peserta, dari kuota yang ada tahun ini hanya 200 orang peserta. Adanya penambahan kuota ini pula, mengingat Kabupaten Belitung sekarang ini sudah memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) di Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Namun untuk status BLK tersebut milik Kementerian Ketenagakerjaan. Direncanakan pada tahun 2020 mendatang, kuota peserta yang mengikuti pelatihan kerja di tempat itu sebanyak 150 orang peserta.

"Semua nanti di tanggung APBN. Di BLK itu nanti pelatihan kerja tentang kepariwisataan dam agro wisata," kata Kabid Tenaga Kerja DKPTK Kabupaten Belitung Willyadi kepada posbelitung.co, Sabtu (7/9/2019).

BLK tersebut diperuntukan, bukan hanya untuk masyarakat di Pulau Belitung saja. Lantaran milik Pemerintah Pusat, jadi berlaku untuk seluruh warga di Indonesia.

"Hanya kebetulan berada di Belitung. Jadi tahun depan sudah aktif BLK ini, semua warga Indonesia bisa ikut dan mendaftarkan diri ke Belitung. Ya paling nanti ada kerjasama juga untuk BLK ini ke daerah lain," jelasnya.

Adanya BLK di Tanjung Kelayang membantu mencetak SDM unggul. Ditambah lagi BLK tersebut fokus untuk pelatihan di bidang pariwisata dan Agro wisata yang menjadi program unggulan Belitung saat ini.

"Ini merupakan sebuah keuntungan buat Belitung, tidak perlu jauh-jauh untuk mengikuti pelatihan di Belitung sudah ada. Nah tahun depan kuota pelatihan tenaga kerja kita 300 orang, tapi tetap juga ada yang kami arahkan mengikuti pelatihan kerja di daerah lain, sesuai dengan keinginan peserta. Yang ingin mendaftar silahkan bisa langsung datang ke kami," bebernya.

Peserta yang Ikut Pelatihan Disalurkan Pada Pekerjaan

Peserta yang ikut pelatihan tenaga kerja melalui program Pemerintah Kabupaten Belitung akan disalurkan ke berbagai bidang keahlian yang sudah pernah dipelajari oleh peserta.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved