Berita Belitung

Musim Kemarau Jadi Berkah Bagi Penjual Ikan Air Tawar

Musim kemarau di Belitung Timur juga memberikan berkah kepada pedagang ikan air tawar.

Musim Kemarau Jadi Berkah Bagi Penjual Ikan Air Tawar
Posbelitung/Suharli
Mega saat menawarkan dagangan ikan air tawar di Polsek Manggar. Minggu (8/9/2019) 

POSBELITUNG.CO-- Musim kemarau di Belitung Timur juga memberikan berkah kepada pedagang ikan air tawar.

Kondisi air surut di lembung-lembung dimanfaatkan warga untuk menjaring ikan yang terperangkap di lembung tersebut, dimana dimusim penghujan untuk mendapat ikan air tawar segar mereka harus memancing.

Mega satu diantara penjual ikan air tawar di Kecamatan Manggar saat menawarkan ikan dagangannya dari rumah ke rumah mengaku saat musim seperti ini lebih banyak dapat ikan air tawar.

Wanita asal Desa Kelubi tersebut mengatakan, minat beli masyarakat pun cukup tinggi, meskipun dia mengaku tidak setiap hari berjualan.

"Kalau Ikannya dari Buding, daerah Kelapa Kampit, biasenye kan mancing bebanjor, misal ada orang ngerikan (mengeringkan--red) lembung bisa dapat sampai belasan kilogram sampai 20 kilogram, nanti nitip ke saya jualnya," kata Mega kepada posbelitung.co, Minggu (8/9/2019).

Menurut Mega setiap tahun jualan ikan air tawar rutin dilakukannya, dari hasil penjualan ikan tersebut hasilnya juga lumayan untuk menambah kemasukan ekonominya.

"Banyak juga minat yang belinya, biasanya laris Ikan Baung, kelik (lele), dan ikan Gabus," ungkap Mega.

Mega berjualan ikan air tawar dengan menggunankan keranjang, ikan-ikan tersebut pun sudah dikemasnya per jenis ikan satu kilogram.

Harga ikan yang ditawarkan Mega yakni Ikan Baung Rp 45.000 - Rp 50.000 per kilogram,  Kelik Rp 40.000 per kilogram, Gabus Rp 35.000 per kilogram, Keperas Rp 30.000 per kilogram. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved