Kriminalitas

Pengakuan DPO Pelaku Pencurian, Nekat Mencuri Karena Terlilit Utang

Setelah mendapat kabar rekannya Sukron (30) diringkus oleh tim gabungan Polsek Manggar dan Polsek Gantung atas kasus pencurian

Pengakuan DPO Pelaku Pencurian, Nekat Mencuri Karena Terlilit Utang
Posbelitung/Suharli
Pelaku pencurian berapa rumah warga di kecamatan Manggar dan Gantung, Dian (30). Saat berada dibalik jeruji sel Polsek Manggar. Minggu (8/9/2019)

POSBELITUNG.CO-- Setelah mendapat kabar rekannya Sukron (30) diringkus oleh tim gabungan Polsek Manggar dan Polsek Gantung atas kasus pencurian, pelaku utama pencurian di tiga lokasi berbeda di Kecamatan Manggar dan Gantung, Dian (30) menyerahkan diri ke Polsek Manggar.

Pria yang sempat menjadi DPO pihak kepolisian tersebut mengaku sudah tinggal di Belitung selama 13 tahun.

Dian mengaku, nekat mencuri lataran dililit utang, untuk modalnya membuka Tambang Inkonvensional (TI)

"Tadinya kerja tambang timah, karena telilit hutang, banyak hutangnya bekas buka tambang kemarin,"kata Dian kepada posbelitung,co ,saat ditemui di Polsek Manggar, Minggu (8/9/2019).

Dian juga mengakui dirinya sebelumnya juga pernah ditahan pada tahun 2016 silam, menurut Dian muncul niatnya untuk menyerahkan diri karena, kasihan dengan temannya yang terlebih dahulu diamankan di Polsek Manggar pada Rabu (4/9/2019) lalu.

"Kasihan sama kawan kan, aku juga mau bertanggung jawab atas perbuatan aku, karena memang kesalahan aku, kalau aku melarikan diri resiko lebih besar. Kasihan anak istri juga kan kalau jauh dak bisa ketemu lagi, jadi lebih baik ku serahkan diri jalani hukuman," ungkap Dian.

Akibat tindakannya Dian dikenakan pasal 363 ayat 2 karena merupakan pelaku utama pencurian pemberatan dengan modus mencongkel, dengan acaman hukuman penjara maksimal sembilan tahun. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved