Unik, Pelukis Tanjungpandan Dharmawan Engon Melukis di Atas Kertas Koran

Tak ada rotan akar pun jadi, sekiranya itu peribahasa yang cocok untuk seorang pelukis, menggunakan media koran, pelukis tersebut adalah Dharmawan

Unik, Pelukis Tanjungpandan Dharmawan Engon Melukis di Atas Kertas Koran
Posbelitung.co /Yuranda
Dharmawan Engon (50), Kampung Parit Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, di Stand Pekan Ekonomi Kreatif II Tahun 2019, di Pantai Tanjungpendam, Sabtu (7/9/2019) malam. 

Unik Pelukis Tanjungpandan Dharmawan Engon Melukis di Atas Kertas Koran

BANGKAPOS.COM - ‎Tak ada rotan akar pun jadi, sekiranya itu peribahasa yang cocok untuk seorang pelukis, menggunakan media koran, pelukis tersebut adalah Dharmawan Engon (50) warga Kampung Parit Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Ia menyulap sebuah koran yang awalnya tidak berharga menjadi ada nilai tambah.

Bermula dari kesederhanaan, inspirasi, kreatifitas, imajinasi dan keuletan hingga membentuk sebuah objek nyata di atas kanvas, bagaimana jika tidak ada kanvas? Masih banyak media yang lain untuk menerapkan kreatifitas. Begitu yang disampaikan oleh pria yang memakai kemeja putih, bermotif tulisan koran itu.

Sebagai seorang seniman, ia tak ingin berhenti berkarya gara-gara fasilitas yang dimiliki. Mencari kanvas yang pas di Belitung sangat mahal. Alhasil, kertas koran pun dipilih Dharmawan Engon untuk menuangkan lukisannya.

"Di Belitung untuk membeli media kanvas sangat mahal, dan kita untuk berkreatifitas tidak harus menggunakan yang semestinya, kalau tidak ada kanvas media lain juga bisa," ujar Dharmawan Engon, saat dijumpai Posbelitung.co, Stand pameran pekan ekonomi kreatif di Pantai Wisata Tanjungpendam, Sabut (7/9/2019) malam.

Menurut pria berambut ikal ini untuk ‎melukis dengan menggunakan media koran bukan menjadikan alasan untuk tidak ingin membeli media kanvas, namun memiliki nilai sendiri melukis dengan media tersebut.

Dirinya, memisalkan suatu kepala daerah ingin dilukis dengan media koran, mereka juga akan mencari judul tentang kepala daerah tersebut, yang ada di koran itu menjadi nilai plus dari media koran.

Pria yang akrab dipanggil Engon ini bukan kemarin sore terjun di dunia lukisa, sudah puluhan tahun namun untuk melukis dengan media koran baru tiga tahun lebih berkecimpung, lantas apa perbedaan melukis di media koran dengan media kanvas?, ia memodifikasi penggunaan warna dengan cat akrilik untuk membuat lukisan tersebut. "Kalau di koran lebih cepat kering ya," tambahnya.

Tak hanya karya lukisan di atas koran saja, dirinya juga melukis di atas pelepah kelapa, tak hanya itu pria berbadan besar ini juga membuat ukiran wajah dengan menggunakan media buah kelapa."kalau kreatif itu tanpa batas, tidak harus di media nya kita buas experimen sendiri," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Yuranda
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved