Berita Belitung

Dinas Pariwisata Adakan Pekan Ekonomi Kreatif, Ini Beda Ekonomi Kreatif dan UMKM

Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung resmi mengadakan event Pekan Ekonomi Kreatif II. Kegiatan bertema begawai

Dinas Pariwisata Adakan Pekan Ekonomi Kreatif, Ini Beda Ekonomi Kreatif dan UMKM
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Wiwih Widaningsih 

POSBELITUNG.CO-- Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung resmi mengadakan event Pekan Ekonomi Kreatif II. Kegiatan bertema begawai ini sudah diadakan kedua kalinya yang menampilkan karya-karya pelaku usaha kreatif di Kabupaten Belitung. Namun sebenarnya apa bedanya ekonomi kreatif dan UMKM?

Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Wiwih Widaningsih menjelaskan memang membutuhkan kejelian menentukan usaha sebagai ekonomi kreatif.

Menurutnya, yang dimaksud ekonomi kreatif yakni ketika produk atau jasa memiliki nilai tambah yang membuatnya berbeda dan khas.

"Misal usaha kuliner membuat nasi goreng. Meski ada beberapa pelaku UMKM yang membuat nasi goreng, tapi apa bedanya? Dari mana sisi inovasi dan kreativitasnya? Misal membuat nasi goreng hitam dari tinta cumi, ini bisa dikatakan sebagai ekonomi kreatif," jelas Wiwih, Senin (9/9/2019).

"Tapi UKM berpotensi menjadi ekonomi kreatif, tetap kami bina,"  katanya

Menurut Wiwih, pada gelaran pekan ekonomi kreatif yang akan berlangsung hingga Jumat (13/9/2019) mendatang menampilkan 52 booth pelaku ekonomi kreatif dari beragam sub sektor yang ada seperti kuliner, kriya, fesyen, seni pertunjukan, seni rupa, dan lainnya. Ini merupakan peningkatan dimana tahun sebelumnya hanya ada 44 booth.

Di samping itu berdasarkan data yang dimiliki Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung 2018 lalu, ada sebanyak 1.986 pelaku usaha kreatif di negeri laskar pelangi. Kulinr, kriya, dan fesyen menjadi tiga sektor dengan jumlah pelaku usaha terbanyak. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved