Berita Belitung

Ingin Jadi 'Anggota Laskar Pelangi' dalam Sehari? Begini Caranya!

posbelitung.co punya rekomendasi untuk Anda supaya liburannya berbeda. Bagaimana kalau menapaktilasi lokasi syuting Laskar Pelangi di Belitung?

Ingin Jadi 'Anggota Laskar Pelangi' dalam Sehari? Begini Caranya!
posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Bibir pantai yang tak asing bagi penggemar film besutan Riri Riza dan Mira Lesmana. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Banyak hal yang bisa dilakukan ketika Anda berlibur ke Belitung. Mulai menjelajah pantai-pantainya yang unik berbatu granit dan airnya bak kristal, mencicipi kulinernya yang khas, merasakan budaya pluralismenya yang sangat kental, hingga merasakan sensasi menjadi salah satu anggota Laskar Pelangi. Semuanya bisa Anda lakukan di Belitung!

posbelitung.co punya rekomendasi untuk Anda supaya liburannya berbeda. Bagaimana kalau menapaktilasi lokasi syuting Laskar Pelangi di Belitung?

Sebelum ke Belitung, ada baiknya Anda menonton ulang film Laskar Pelangi, karena bisa membuat Anda lebih menghayati ketika berada di Belitung.

Perjalanan napak tilas ini bisa Anda mulai dari mengunjungi SD Muhammadiyah Gantong, tempat Laskar Pelangi dulu bersekolah. Di sana Anda akan disugukan suasana tempo dulu yang akan melempar Anda ke memori masa kecil.

SD Muhammadiyah Gantong beberapa waktu lalu.
SD Muhammadiyah Gantong beberapa waktu lalu. (posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Di dinding-dinding kelas SD itu tertempel foto-foto pahlawan Indonesia. Di atas papan tulis yang masih menggunakan kapur, tertempel foto mantan presiden Soeharto yang menggambarkan bahwa pada masa itu, ia masih berkuasa.

Setelah berfoto-foto, cobalah Anda duduk sejenak di kursi murid dan menutup mata Anda. Bayangkan scene yang ada di film Laskar Pelangi ketika Ikal menawarkan diri hendak membeli kapur ke Manggar. Atau Anda bisa membayangkan scene pada saat Lintang menjawab dengan cepat soal matematika dari Bu Muslimah.

Atau jika berlibur bersama teman-teman, Anda bisa berpose layaknya anggota Laskar Pelangi di dalam kelas ataupun di depan papan nama SD Muhammadiyah Gantong itu.

Setelah puas bermain-main di SD Muhammadiyah Gantong, saatnya kita merasakan perjalanan membeli kapur ke Manggar. Di dalam film, kita diajak untuk pergi ke toko Sinar Harapan, tetapi sayang sekali sekarang toko itu sudah tutup.

Eits, tunggu dulu. Manggar tidak hanya punya toko Sinar Harapan. Manggar juga dikenal sebagai Kota 1001 Warung Kopi. Di dalam film, Ikal juga pernah ngopi di Manggar! Jadi, jika Anda berlibur ke Belitung jangan lupa ngopi dan berbaur dengan warga lokal di Manggar. Anda akan merasakan bagaimana keakraban jalinan persaudaraan antar etnis Melayu dan Tionghoa di warung-warung kopi itu.

Bagi yang tidak suka dengan kopi, Anda bisa memilih minuman Jeruk Kunci sebagai pelepas dahaga. Minuman Jeruk Kunci ini adalah minuman khas Belitung. Rasa jeruknya segar daripada jeruk-jeruk di daerah lain. Manis dan masam bercampur menjadi satu membentuk cita rasa yang akan menggoyang lidah Anda.

Halaman
12
Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved