Berita Belitung

P-APBD Pemkab Belitung, Pemdes Hanya Dapat Penambahan Bagi Hasil Pajak

Pemerintah desa (pemdes) hanya mendapatkan tambahan dari Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah pada Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah

P-APBD Pemkab Belitung, Pemdes Hanya Dapat Penambahan Bagi Hasil Pajak
posbelitung.co/Dede Suhendar
Kabid Anggaran, BPKAD Kabupaten Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pemerintah desa (pemdes) hanya mendapatkan tambahan dari Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah pada Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Pemkab Belitung tahun anggaran 2019.

Berdasarkan data Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Belitung, alokasi penambahan sekitar Rp 1,4 miliar sehingga ‎unsur Bagi Hasil Pajak dan Restribusi Daerah berjumlah Rp 9,1 miliar.

Sebelumnya pada APBD Induk tahun 2019 berjumlah Rp 7,7 miliar.

"‎Penambahannya sekitar Rp 1,4 miliar yang dibagikan kepada 42 desa se-Kabupaten Belitung. Cuman pembagiannya tidak rata, ada hitungannya itu dinas teknis yang mengurusi," ujar Kabid Anggaran, BPKAD Kabupaten Belitung Hamzah kepada posbelitung.co, Senin (9/9/2019).

Sementara itu, lanjut Hamzah, alokasi Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN, total nilai yang dikucurkan berjumlah Rp 46,5 miliar.

Proses pencairannya dibagi menjadi tiga tahap dalam kurun waktu satu tahun anggaran.

Kemudian, khusus Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kabupaten Belitung totalnya Rp 58,2 miliar.

Menurutnya rumusan untuk alokasi ADD itu minimal 10 persen dari hasil penghitungan total dana perimbangan dikurangi Dana Alokasi Khusus (DAK).

Jika alokasi ADD di bawah angka 10 persen dari penghitungan tersebut, maka Pemkab akan diberikan stretching dari pemerintah pusat.

"Memang untuk dua unsur pendapatan desa ini DD dan ADD tidak ada penambahan pada P-APBD, jadi jumlahnya tetap," ungkapnya.

Hamzah menambahkan berbicara masalah pencairan baik DD, ADD maupun Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah sudah berkisar di atas 70 persen.

(posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved