Ada Lima Pilar Yang Dikedepankan STBM, Sekda Belitung Sebut Harus Ditingkatkan

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) mengedepankan lima pilar. Lima piral tersebut harus berjalan agar kesehatan di Kabupaten Belitung

Ada Lima Pilar Yang Dikedepankan STBM, Sekda Belitung Sebut Harus Ditingkatkan
Posbelitung.co/Disa Aryandi
Suasana kegiatan advokasi Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free/Stop Buang Air Sembarangan) menuju Desa/Kelurahan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), selasa (10/9/2019) di kantor Bappeda Kabupaten Belitung. 

Ada Lima Pilar Yang Dikedepankan STBM, Sekda Belitung Sebut Harus di Tingkatkan

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) mengedepankan lima pilar. Lima piral tersebut harus berjalan agar kesehatan di Kabupaten Belitung terjaga serta penyebaran bibit penyakit dari kotoran semakin berkurang.

Lima pilar tersebut, stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga, dan pengamanan limbah cair rumah tangga.

"Lima piral itu belum semua bisa terlaksana, dan melalui pertemuan hari ini saya berharap, agar semua piral tersebut bisa berjalan," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung H MZ Hendra Caya kepada posbelitung.co, Selasa (10/9/2019).

Dari lima piral tersebut, kata dia, baru dua piral yang selama ini terlaksana di Kabupaten Belitung yaitu stop buang air besar sembarangan dan cuci tangan pakai sabun.

"Tapi itu belum semua nya, baru beberapa Desa saja yang menerapkan. Persentasi nya masih jauh untuk menuju 100 persen," ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, agar seluruh piral tersebut bisa terlaksana secara bersama-sama, maka perlu ada nya pembahasan bersama antar Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa.

"Karena tetap harus di tingkatkan, dan apa - apa upaya nya, harus dibahas secara bersama-sama, agar bisa memunculkan kesadaran masyarakat. Sebab kesadaran masyarakat ini merupakan sesuatu yang sangat penting sekali," bebernya

Belum Ada Yang Terapkan

Di Kabupaten Belitung, hingga sekarang ini belum ada yang satu Desa/Kelurahan yang menerapkan lima pilar sanitasi total berbasis masyarakat (STBM).

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved