Baru 12 Desa Yang Sudah ODF di Belitung

Di Kabupaten Belitung, hingga sekarang ini baru tercatat 12 Desa/Kelurahan yang sudah Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar

Baru 12 Desa Yang Sudah ODF di Belitung
Pos Belitung/Disa Aryandi
Pemerintah Kabupaten Belitung melakukan pembahasan tentang stop buang air besar sembarangan, Selasa (10/9/2019). 

Baru 12 Desa Yang Sudah ODF di Belitung

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Di Kabupaten Belitung, hingga sekarang ini baru tercatat 12 Desa/Kelurahan yang sudah Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. 12 Desa tersebut ada yang berada di Kecamatan Tanjungpandan, dan Badau, Selat Nasik serta Membalong.

12 Desa tersebut, Desa Air Batu Buding di Kecamatan Badau, Desa Gunung Riting, Desa Kembiri, Mentigi di Kecamatan Membalong, Desa Petaling, Desa Suak Gual di Kecamatan Selat Nasik.

Untuk di Kecamatan Tanjungpandan di Desa Aik Ketekok, Aik Rayak, Buluh Tumbang, Perawas, Kelurahan Lesung Batang, dan Kelurahan Paal Satu.

"Itu ada sudah terverifikasi dari tahun 2010 sampai 2018 kemarin. Yang tahun 2010 itu Desa Petaling dan Suak Gual, nah yang baru tahun 2018 kemarin itu Desa Air Batu Buding," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung dr Suhandri kepada posbelitung.co, Selasa (10/9/2019).

Dari 12 Desa itu, lanjut dia, secara keseluruhan memiliki persentase sebanyak 22,45 persen yang sudah dinyatakan ODF. Namun itu hanya untuk pilar pertama yaitu stop buang air besar sembarangan.

"Tapi kalau empat piral lain nya belum, yang pilar kedua saja (cuci tangan pakai sabun) itu baru di sekolah-sekolah, rumah makan dan hotel-hotel. Karena kalau rumah makan dan hotel ini, wastafel sudah menjadi persyaratan untuk perizinan, soalnya bagian dari kesehatan dan kebersihan," ujar dia. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved