Desa dan Kelurahan di Belitung Harus Terlibat Cegah Buang Air Besar Sembarang

Pemerintah Desa/Kelurahan di Kabupaten Belitung kini diminta untuk kembali gencar melakukan pencegahan terhadap larangan membuang air besar

Desa dan Kelurahan di Belitung Harus Terlibat Cegah Buang Air Besar Sembarang
Posbelitung.co/Disa Aryandi
Suasana kegiatan advokasi Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free/Stop Buang Air Sembarangan) menuju Desa/Kelurahan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), selasa (10/9/2019) di kantor Bappeda Kabupaten Belitung. 

Desa dan Kelurahan di Belitung Harus Terlibat Cegah Buang Air Besar Sembarang

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pemerintah Desa/Kelurahan di Kabupaten Belitung kini diminta untuk kembali gencar melakukan pencegahan terhadap larangan membuang air besar sembarangan. Lantaran sekarang ini masih terdapat berbagai Desa/Kelurahan yang belum Open Defecation Free (ODF).

Demikian di ungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung H MZ Hendra Caya, selasa (10/9/2019) pada acara advokasi Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free/Stop Buang Air Sembarangan) menuju Desa/Kelurahan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM).

"Karena walau bagaimana pun, Desa dan Lurah ini adalah ujung tombak pembangunan. Apalagi yang paling banyak berinteraksi kepada masyarakat adalah Desa dan kelurahan," kata Hendra Caya.

Menurut dia, tidak dipungkiri di Kabupaten Belitung sekarang ini masih ada kebiasaan masyarakat yang membuang air besar di sungai. Kebiasaan buruk tersebut, kini harus di ubah, untuk menuju Indonesia sehat.

"Karena memang ada type masyarakat, kalau tidak di sungai tidak bisa buang air besar, nah ini harus dilakukan pendekatan agar mereka membiasakan diri untuk membuang air besar di toilet, perilaku seperti itu yang harus di ubah," ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, Belitung sekarang ini merupakan daerah pariwisata yang mengutamakan kebersihan. Sehingga ia meminta kepada Pemerintah Desa untuk bersinergi, agar mengubah perilaku buang air besar sembarangan ini.

"Kita harus menuju desa/kelurahan yang seperti itu. Oleh karena itu kami berharap, mari kita berupaya untuk bersama-sama menuju hidup sehat," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved