Dinas KUMKMPTK Targetkan Desember ada Produk yang Diekspor

30 pelaku UMKM yang serius terhadap ekspor untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Dinas KUMKMPTK Targetkan Desember ada Produk yang Diekspor
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Pelatihan ekspor yang diikuti pelaku UMKM di Hotel Fairfield by Marriott Belitung, Selasa (10/9/2019). 

POSBELITUNG.CO - Kabid KUMKM Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Mula Samosir mengatakan setelah UMKM dibangun, lalu berproduksi, kini memasuki tahap mulai memasuki pasar global. Ini disampaikannya saat dilakukan Pelatihan Ekspor yang diadakan dengan menggandeng Indonesia Eximbank yang merupakan lembaga pembiayaan ekspor Indonesia (LPEI), di Hotel Fairfield by Marriott Belitung, Selasa (10/9/2019).

"(Pelatihan ini, red) hasil koordinasi kami dengan Exhimbank melalui Bupati dan DPRD kemarin, mereka respon, karena produk UMKM Belitung harus masuk pasar global," kata dia.

Makanya diajak 30 pelaku UMKM yang serius terhadap ekspor untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Nantinya pembiayaan ekspor akan difasilitasi Indonesia Eximbank kepada seluruh perbankan. Makanya kalau akses pasar sudah terbuka maka perbankan akan mendukung aktivitas ekspor tersebut.

Pihaknya menyasar produk UMKM Belitung akan banyak dipasarkan di kawasan Asia Tenggara. Sedangkan pasar Eropa akan banyak disasar produk rempah seperti lada putih atau sahang. Negara tetangga seperti Malaysia pun sudah dijajaki sebagai pasar ekspor produk-produk UMKM.

"Target per Desember sudah ada produk UMKM Belitung yang sudah masuk pasar global. Setelah workshop ini nantinya dikumpulkan seluruh produk layak ekspor, kemudian nanti dicari tahu hal-hal yang perlu ditingkatkan, barulah setelah ini bisa, makanya kalau ada hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam beberapa bulan ini, disiapkan dulu," imbuh dia.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved