Kolam Dangkal, Express Bahari 3E Terkendala Olah Gerak

Kapal cepat Express Bahari 3E memiliki draft 1,5 meter sehingga jika posisi air laut pada 0,6 ke bawah mereka harus pindah dermaga.

Kolam Dangkal, Express Bahari 3E Terkendala Olah Gerak
Pos Belitung/Yuranda
Express Bahari 3E dengan rute Tanjungpandan - Pangkalbalam 

POSBELITUNG.CO - Manajer PT Inti Sakti Makmur Cabang Belitung Ivan Febrianto mengatakan pendangkalan yang terjadi pada area kolam pelabuhan sangat berpengaruh pada operasional mereka.

Ia mengatakan untuk kapal cepat Express Bahari 3E memiliki draft 1,5 meter sehingga jika posisi air laut pada 0,6 ke bawah mereka harus pindah dermaga.

"Kemarin sudah berapa kali pindah waktu keberangkatan, jadi kami dikasih pindah ke dermaga delapan. Karena kapal waktu berangkat itu butuh olah gerak, jadi sulit kalau kondisinya begitu," katanya.

Namun jika kondisi air laut di atas 0,6 kapal Express Bahari 3E masih bisa bergerak dengan catatan kapal yang sandar di kolam tersebut tidak lambung.

Menurutnya saat ini antara dermaga 1 sampai 6 terdapat daratan yang sudah membentuk tanjung.

Sehingga jika kapal mereka keluar, kipas tengah sempat menyentuh daratan.

Oleh sebab itu, dirinya menekankan kepada PT Pelindo II Cabang Tanjungpandan untuk lebih mengatur kapal yang sandar di sepanjang dermaga tersebut.

"Sembari menunggu pengerukan kami minta seperti itu. Karena Express Bahari ini kan satu-satunya akses alternatif jalur laut dari Belitung menuju Bangka, jadi bisa diprioritaskan," ungkapnya.

Sementara itu, kalau kondisi alur juga mengalami pendangkalan. Tapi Express Bahari masih bisa lewat dengan catatan hanya satu kapal yang kandas.

"Kalau masih satu kapal dan tidak melintang kami masih bisa lewat. Kalau sudah dua itu sulit, karena beberapa tahun lalu pernah terjadi satu tongkang pasir melintang di alur, kami putar balik dan harus mengganti biaya 300 lebih penumpang yang ada," ungkapnya.

Meskipun demikian, lanjutnya, koordinasi PT Pelindo II Cabang Tanjungpandan cukup baik dan selalu menyediakan dermaga cadangan untuk mereka.

"Alhamdulillah koordinasinya masih bagus, mereka tetap menyediakan dermaga untuk kami. Karena kan hanya untuk keluar saja tidak lama," katanya.

(Posbelitung/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved