Pelaku UMKM Belajar Cara Ekspor, Sekda Harapkan Belitung Mampu Ekspor Barang Jadi

Dinas KUMKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung mengadakan pelatihan ekspor dengan menggandeng Lembaga Pembiayaan Ekspor

Pelaku UMKM Belajar Cara Ekspor, Sekda Harapkan Belitung Mampu Ekspor Barang Jadi
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Pelatihan ekspor yang diadakan Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung di Hotel Fairfield by Marriott Belitung, Selasa (10/9/2019). 

POSBELITUNG.CO - Dinas KUMKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung mengadakan pelatihan ekspor dengan menggandeng Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Indonesia Eximbank. Pelatihan ini diikuti sebanyak 30 pelaku usaha selama tiga hari yakni 10-12 September di Hotel Fairfield by Marriott Belitung.

Kepala Divisi Advisor Services Indonesia Eximbank, Gerald Setiawan Grisanto mengatakan nantinya para pelaku UMKM akan disampaikan mengenai cara memulai ekspor, manajemen korespondensi, dan simulasi ekspor. Juga mengenai pemasaran produk baik luring (offline) dan daring (online).

"Terakhir akan dilakukan simulasi ekspor melibatkan pihak terkait seperti bea cukai, nanti akan diujicoba persiapan yang akan dilakukan saat ekspor. Jadi ini lebih seperti workshop yang disampaikan oleh fasilitator yang berpengalaman di bidangnya," kata Gerald, Selasa (10/9/2019).

Ia menambahkan, ketika mulai memasuki pasar luar negeri, para pelaku UMKM mulai harus berpikir lebih luas. Bukan hanya memikirkan cara produk bisa laku, tetapi juga agar bisa berkembang lebih besar.

Menurut Gerald, saat ini negara sedang mengalami defisit perdagangan, makanya ekspor sangat diperlukan. Melalui kegiatan ekspor, pelaku usaha bukan hanya mendapat keuntungan pribadi, namun juga turut berkontribusi terhadap negara.

Di samping itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung MZ Hendra Caya mengatakan, hasil tambang memang masih memiliki daya tarik sebagai bahan ekspor. Makanya melalui kegiatan seperti ini, ia mengharapkan kedepannya Belitung mampu mengekspor barang jadi atau setengah jadi.

"Jadi ekspor barang dari Belitung itu bukan hanya bahan baku, tapi juga barang jadi dan setengah jadi," tegasnya.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved