Berita Belitung

Bandara H AS Hanandjoeddin Belum Memiliki Peralatan Pemindai Paspor yang Permanen

Bandara H AS Hanandjoeddin Belitung belum memiliki peralatan permanen untuk mempersiapkan pendaratan penerbangan internasional.

Bandara H AS Hanandjoeddin Belum Memiliki Peralatan Pemindai Paspor yang Permanen
Dokumen Pos Belitung
Ilustrasi- Sejumlah penumpang di Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sampai saat ini, Bandara H AS Hanandjoeddin Belitung belum memiliki peralatan permanen untuk mempersiapkan pendaratan penerbangan internasional. Alat tersebut adalah Border Control Management.

Alat ini berfungsi sebagai pemindai paspor yang langsung terhubung ke sistem server keimigrasian. Saat ini, alat tersebut bersifat mobile yang diangkut dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan.

"Alat itu biasanya ditanam di konter-konter keimigrasian di dalam bandara. Alat itu mempu mendeteksi data dari setiap penumpang yang datang baik dari pesawat reguler maupun charter," kata Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungpandan Shalahuddin Al Ayubi kepada posbelitung.co, Rabu (11/9/2019).

Pihaknya akan melihat tahun-tahun depan jika memang signifikan diperlukan maka akan jadi bahan pertimbangan. Bila tak dari pemprov atau pemda, bisa mengajukan ke Dirjen Keimigrasian untuk mengadakan peralatan itu.

Alat ini berupa sebuah laptop sekaligus ada scannernya. Saat ini alat mobile tersebut diadakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi untuk kantor imigrasi yang membawahi TPI udara/laut ataupun perbatasan tapi belum memiliki BCM yang permanen.

Ayubi berharap penerbangan internasional ini nantinya bisa terus berlanjut. Juga maskapai-maskapai internasional lain masuk ke Belitung.

"Terkait kondisi bandara, H AS Hanandjoeddin masih perlu berbenah sebagai bandara Internasional yang dibanggakan oleh masyarakat Pulau Belitung. Namun ditengah keterbatasan tersebut kita harus tetap mendukung dan memberikan pelayanan terbaik,"lanjut Ayubi sembari mengatakan jangan sampai keterbatasan sarana dan prasarana bandara menjadikan pihaknya tidak memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved