Dituding Pikap Esemka Rebadge dari Mobil asal China,Inilah Jawaban Presdir PT Solo Manufaktur Kreasi

Pabrik Mobil Esemka ini diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali

Dituding Pikap Esemka Rebadge dari Mobil asal China,Inilah Jawaban Presdir PT Solo Manufaktur Kreasi
(kolase tribunnews)
Jokowi dan pabrik mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah 

POSBELITUNG.CO-- Berdirinya Pabrik Mobil  Esemka ini menuai pro dan kontra di berbagai kalangan. Apalagi pabrik mobil produk produksi dalam negeri ini pertama kalinya ada di Indonesia dan bersaing dengan produk-poduk asing yang sudah terkenal dipasaran otomotif .

Namun setelah dirilis selama tujuh tahun lalu ketika Joko Widodo menjabat sebagai Wali Kota Solo akhirnya Pabrik Mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi beroperasi.

Pabrik Mobil Esemka ini diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, pada Jumat (6/9/2019) lalu.

Meski memiliki prototipe mobil penumpang dengan jenis sport utility vehicle (SUV), tapi untuk tahap perdana pabrikan milik swasta nasional ini memilih langkah untuk terjun lebih dulu di segmen mobil niaga ringan.

Mobil yang didaulat masuk ke pasar otomotif pada tahap awal adalah Esemka Bima 1.2 dan 1.3. Keduanya datang dalam bentuk pikap dengan perbedaan mesin dan kapasitas ruang kargo.

Walau sudah menyatakan diri bahwa PT Solo Manufaktur Kreasi merupakan 100 persen perusahaan swasta nasional, yang secara manajemen serta proses perakitan dikerjakan langsung oleh pekerja asli Indonesia.

Suasana di dalam pabrik mobil Esemka di Kecamatan Sambi, Boyolali. Pabrik ini punya fasilitas lengkap.
Suasana di dalam pabrik mobil Esemka di Kecamatan Sambi, Boyolali. Pabrik ini punya fasilitas lengkap. ((TRIBUNSOLO.COM/RYANTONO PUJI SANTOSO))

Diduga, pikap besutan Esemka merupakan produk ganti emblem alias rebadge dari mobil asal China, yakni pikap buatan Chang'an Automobile Co Ltd.

Menjawab soal ini, jauh sebelum proses peresmian pabrik dan datang untuk menyaksikan sendiri ragam fasilitas yang dimiliki Esemka untuk merakit mobil, Kompas.com sudah sempat menanyakan langsung ke Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya.

"Tidak, tidak benar itu (rebadge). Mobil yang ini kami produksi sendiri, tapi memang ada beberapa komponen yang masih kami impor. Komponen itu dikirim secara terurai dan kami rakit sendiri di pabrik," kata Eddy di pertengahan Agustus lalu.

Bila dimengerti, PT Solo Manufaktur Kreasi memang sebenarnya tidak memproduksi semua komponen mobil secara penuh di pabrik tersebut.

Halaman
123
Editor: nurhayati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved