Habibie Meninggal Dunia

Ini Riyawat Penyakit BJ Habibie, Bolak-Balik Rumah Sakit, Enam Kali Diterpa Hoax Meninggal

BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9/2019) malam.

POSBELITUNG.COM-- Presiden ketiga Republik Indonesia  Bacharuddin Jusuf Habibie, telah pergi. Beliau  meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9/2019) malam.

Sosok yang selalu tersenyum ini kini telah tiada. Rakyat Indonesia diselimuti duka mendalam atas meninggalnya Bapak Teknologi Indonesia itu.

BJ Habibie meninggal karena sakit yang dideritanya dan dirawat intensif sejak 1 September 2019.

Sebelum berpulang, Habibie ditangani 44 dokter yang tergabung dalam tim dokter kepresidenan. Mereka adalah para dokter spesialis dari berbagai bidang, dari ahli jantung hingga otak.

Kondisi Habibie memang dikabarkan menurun dalam beberapa tahun terakhir.

//

Pada 2014, Habibie dirawat di rumah sakit RSPAD Gatot Soebroto. Sebelum dipindahkan, ia sempat dirawat di Rumah Sakit Borromeus, di Kota Bandung.

Diduga, Habibie kelelahan. Sehari sebelum dirawat, Habibie menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Kalla di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie (kiri), Istri Presiden Republik Indonesia, Iriana Joko Widodo (kedua dari kiri), Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (ketiga dari kiri), Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri (keempat dari kiri), Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla (keempat dari kanan), Istri Wakil Presiden Republik Indonesia, Mufidah Kalla (ketiga dari kanan), Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (kedua dari kanan), Istri Presiden ke-6 Republik Indonesia, Kristiani Herrawati Yudhoyono berpose bersama saat perayaan HUT Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/8/2017).
Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie (kiri), Istri Presiden Republik Indonesia, Iriana Joko Widodo (kedua dari kiri), Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (ketiga dari kiri), Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri (keempat dari kiri), Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla (keempat dari kanan), Istri Wakil Presiden Republik Indonesia, Mufidah Kalla (ketiga dari kanan), Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (kedua dari kanan), Istri Presiden ke-6 Republik Indonesia, Kristiani Herrawati Yudhoyono berpose bersama saat perayaan HUT Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/8/2017). (SETPRES/AGUS SUPARTO)

Pada 2016, Habibie kembali dirawat di RSPAD. Saat itu, Habibie didiagnosa mengalami infeksi bakteri.

Akibatnya, suhu tubuh Habibie sempat mengalami demam selama beberapa hari.

Dua tahun setelahnya, yakni pada 2018, Habibie kembali menjalani perawatan karena kondisinya menurun.

Halaman
12
Editor: nurhayati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved