Berita Belitung

Tim Gabungan Razia Kontrakan, 12 Pelanggar Tidak Memiliki Surat Keterangan Domisili

Tim gabungan Sat Pol PP, Polres, Dukcapil dan BNN Kabupaten Belitung melakukan razia, enam rumah kontrakan di Desa Air Raya

Tim Gabungan Razia Kontrakan, 12 Pelanggar Tidak Memiliki Surat Keterangan Domisili
Dok/Sat Pol PP Kabupaten Belitung
Razia kontrakan yang dilakukan oleh Tim Gabungan Sat Pol PP, BNN, Dukcapil dan Poles Kabupaten Belitung, di kontrakan di Desa Air Raya Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Rabu (11/9/2019) 

POSBELITUNG.CO-- Tim gabungan Sat Pol PP, Polres, Dukcapil dan BNN Kabupaten Belitung melakukan razia, enam rumah kontrakan di Desa Air Raya kecamatan Tanjungpandan, kegiatan tersebut dilakukan pada Rabu(11/9/2019) pukul 09.00  WIB.

Dalam razia tersebut tim gabungan mendapatkan, 12 pelanggar masing-masing tidak memiliki surat keterangan domisili ditemukan satu pasang yang bukan suami istri.

Kepala Bidang Keteriban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Sat Pol PP, sekaligus Ketua Tim Penertiban, Suparudin, mengatakan mereka melakukan melakukan razia tersebut atas pengaduan masyarakat yang ada di sekitar kontrakan.

"Saat kami melakukan penertiban tadinya, kami menemukan satu pasangan atas nama ‎DH dan ERS, saat kami kembangkan lagi berdasarkan pemeriksaan memang mereka benar suami istri, cuma mereka saat pindah dari Beltim tidak membawah identitas mereka,"ungkap ‎‎Suparudin, Rabu (11/9/2019).

Menurutnya jika tidak ada domisili ini ketentuannya apabila sudah tiga bulan tinggal kontrakan tersebut mereka harus mempunyai surat keterangan domisili.

"Saat kami mengecek di kontrakan berikutnya ditemukan satu pasangan yang bukan suami istri Nr dan Fz, Nr saat ini sedang proses perceraian tinggal menunggu proses nikah dengan Fz, " katanya.

Rata-rata pelanggar tidak memiliki surat domisili. Bagi yang tidak memiliki surat domisili tersebut diamankan, dan mereka harus membuat pernyataan dengan mengamankan KTP aslinya.

"Di kontrakan pertama kami menemukan ‎satu orang pelanggaran atas nama ARD tidak memiliki surat domisili, di kontrakan kedua empat orang. Dua orang WES dan AN tidak memiliki surat domisili dan diberikan teguran, sedangkan DH dan ERS diamankan di kantor Sat Pol PP guna memberikan pernyataan," tegas Suparudin.

Di kontrakan ke tiga sebanyak tujuh pintu satu orang pelanggar Sur, diamankan satu buah KTP Asli dan tidak memiliki surat keterangan domisili, kontrakan ke empat sebanyak empat pintu ditemukan tiga pelanggar tidak bisa menunjukan data identitas diri, atas nama, Nr dan Fz di amankan di kantor Sat Pol PP dan satu orang MKW, tidak memiliki surat keterangan domisili‎.

Sementara itu untuk di kontrakan ke lima, berjumlah 11 pintu ditemukan satu pelanggar BL, tidak memiliki surat keterangan domisili, dan diamankan KTP asli, di kontrakan ke enam berjumlah 10 pintu dua pelanggar atas nama WIN tidak memiliki surat domisili, dan Jl diamankan satu buah KTP dan satu lembar fotocopy KTP.

"Proses saat ini kami lakukan sejauh ini proses pembinaan secara umum, mengingat mereka baru kali pertamanya di tertibkan kecuali di kemudian hari, mereka harus menerima sanksi sesuai dengan pernyataan yang tertulis," kata Suparudin. ‎(Posbelitung.co/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved