Maksimalkan Realisasi Pendapatan PKB, Samsat Belitung Gunakan 2 Program Ini

UPTD Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah Kabupaten Belitung (Samsat)

Maksimalkan Realisasi Pendapatan PKB, Samsat Belitung Gunakan 2 Program Ini
Pos Belitung/Disa Aryandi
Kepala UPTD DPPKAD Provinsi Bangka Belitung wilayah Kabupaten Belitung Syamsuri 

Maksimalkan Realisasi Pendapatan PKB, Samsat Belitung Gunakan 2 Program Ini

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - UPTD Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah Kabupaten Belitung (Samsat), sudah berencana untuk memaksimalkan realisasi pendapatan pembayaran pajak bermotor (PKB) dengan menggunakan dua program.

Dua program itu, program Samsat Setempoh dan program Samsat Keliling (Samling). Dua program ini merupakan program pelayanan kepada masyarakat, dengan cara jemput bola atau mendatangi masyarakat secara langsung kerumah maupun ke perkampungan.

"Jadi kami yang mendatangi masyarakat untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat. Sebetulnya masyarakat bukan tidak ingin membayar pajak, tapi kemungkinan tidak ada waktu untuk ke Tanjungpandan, karena kesibukan, jadi untuk mempemudah mereka, jadi program ini solusinya," kata Kepala UPTD DPPKAD Provinsi Bangka Belitung wilayah Kabupaten Belitung Syamsuri kepada posbelitung.co, kamis (12/9/2019).

Program tersebut, selain sangat mudah untuk masyarakat, pemilik kendaraan pula tidak perlu lama mengantri, cukup lima menit dari mulai penginputan data awal, hingga selesai.

"Tapi sekarang ini, masih banyak yang belum mengetahui tentang program ini. Nah kedepan khusus untuk program samsat setempoh ini, akan kami jadwalkan selama satu bulan itu akan berpindah-pindah dari Desa ke Desa. Termasuk nanti selama satu bulan mungkin dua kali pelaksaan razia," jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, program Samling kedepan akan lebih di maksimalkan untuk menjangkau setiap kecamatan-kecamatan di Kabupaten Belitung.

"Kalau sekarang satu bulan itu tiga kali kami menjalankan program Samling, cuma sekarang kendala nya mobil Samling itu operasional nya Belitung Timur, tapi kalau di Belitung operasional nya kami akan setiap hari," jelasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved