Revisi UU Perkawinan, Komnas Perempuan Usul Wanita Menikah di Umur 21 Tahun

Komisioner Komnas Perempuan Nina Nurmila mengatakan setuju jika pemerintah dan DPR RI akan merevisi Undang-undang nomor 1 tahun 1974

Revisi UU Perkawinan, Komnas Perempuan Usul Wanita Menikah di Umur 21 Tahun
Posbelitung.co/dokumenpribadi
Komisioner Komnas Perempuan Nina Nurmila

Revisi UU Perkawinan, Komnas Perempuan Usul Wanita Menikah Diumur 21 Tahun

POSBELITUNG.CO - Komisioner Komnas Perempuan Nina Nurmila mengatakan setuju jika pemerintah dan DPR RI akan merevisi Undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan.

DPR RI akan merevisi batas bawah umur menikah untuk perempuan dari semula 16 tahun menjadi 18 tahun. Melihat ini, Nina dan pihaknya mengusulkan hal yang berbeda.

"Kami memandang umur 18 atau 19 itu masih belum cukup untuk menikah. Karena urusan menikah itu bukan hanya siap dalam seksual saja, tetapi juga harus siap mental dan psikologis," kata Nina saat dihubungi posbelitung.co, Kamis (12/9/2019).

Nina menilai umur 21 tahun merupakan umur yang pas dijadikan syarat umur minimal menikah. Karena diumur 21 tahun, manusia sudah bisa mengenali dirinya sendiri dan meminimalkan resiko eksploitasi perkawinan anak.

"Memang dalam UU Perlindungan Anak, kategori usia anak adalah nol sampai 18 tahun. Tapi apa mereka tidak mau sekolah tinggi dulu, selesai S1 dulu lah baru menikah biar nanti persiapan segi ekonominya lebih matang," jelas Nina.

UU tentang Perkawinan, lanjut Nina, sudah dibuat sejak 1974 dan sampai sekarang belum ada perubahan. Menurutnya selama 45 tahun pasti ada kondisi-kondisi yang tidak relevan lagi dengan UU itu.

"Harus ada revisi dan disesuaikan dengan perkembangan zaman sekarang ini," cetus Nina.

Ia menambahkan masyarakat harus diedukasi mengenai batas minimum usia perkawinan. Semakin berpendidikan seorang perempuan, semakin ia mengerti bahwa menikah diusia muda itu tidak dianjurkan.

"Dari segi kesehatan pun umur 18 atau 19 jika nanti melahirkan pinggulnya belum terlalu lebar sehingga ditakutkan mempengaruhi kelahiran bayi," lanjutnya.

Halaman
12
Penulis: Maggang (mg)
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved