Berita Belitung

Warga Belitung Mulai Pasang Bendera Setengah Tiang Atas Berpulangnya Presiden Ketiga BJ Habibie

Pengibaran bendera sebagai bentuk penghormatan yang setinggi-tingginya bagi Habibie.

Warga Belitung Mulai Pasang Bendera Setengah Tiang Atas Berpulangnya Presiden Ketiga BJ Habibie
posbelitung.co/Disa Aryandi
Warga di Tanjungpandan, Belitung, Kamis (12/9/2019) melakukan pemasangan bendera merah putih setengah tiang. Pos Belitung/Disa aryandi 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Warga di Tanjungpandan, Belitung, Kamis (13/9/2019) pagi ini mulai mengibarkan bendera merah putih setengah tiang. Bendera Republik Indonesia dipasang di halaman depan rumah warga.

Pemasangan bendera setengah tiang tersebut sebagai penghormatan kepada Presiden ketiga BJ Habibie yang meninggal dunia kemarin Rabu (11/9/2019)

Bendera yang dipasang setengah tiang  terpantau banyak dipasang di Jalan Aik Ketekok, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada dan Jalan Gaparman, Komplek perumahan Kodim 0414 Belitung, Komplek perumahan Lanud H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung.

"Kami memasang bendera setengah tiang ini untuk memberikan penghormatan kepada Pak Presiden ketiga (BJ Habibie). Ini juga karena sudah ada surat resmi untuk mengibarkan bendera setengah tiang," ucap Dheo, warga Jalan Kamboja, Kelurahan Lesung Batang kepada posbelitung.co, yang mengibarkan bendera setengah tiang di depan rumahnya, kamis (12/9/2019)

Seperti dikutip di kompas.com, Negara berduka atas berpulangnya Presiden ketiga RI, BJ Habibie. Pihak Istana Kepresidenan pun mengajak masyarakat serta semua kementerian lembaga mengibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari.

"Kami ajak masyarakat untuk kibarkan bendera setengah tiang sampai 14 September 2019. Jadi kita tetapkan berkabung nasional selama 3 hari sampai 14 September," kata Pratikno di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Pihak Sekretariat Negara pun sudah mengirim surat yang ditujukan kepada kementerian lembaga hingga kepala daerah untuk mengirimkan bendera setengah tiang ini.

Dalam surat itu tertulis bahwa pengibaran bendera sebagai bentuk penghormatan yang setinggi-tingginya bagi Habibie.

"Kami imbau masyarakat juga pada kantor lembaga negara, pemerintah, baik di dalam atau luar untuk kibarkan bendera setengah tiang sampai 14 september. Saya kira itu yg bisa kami sampaikan. Sekali lagi doa untuk almarhum dan prosesi berjalan lancar," kata dia.

Putra Presiden ke-3 RI Bacharudin Jusuf Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengonfirmasi meninggalnya sang ayah.

"Dengan sangat berat, mengucapkan, ayah saya, Bacharudin Jusuf Habibie, Presiden ke-3 RI, meninggal dunia jam 18.03 WIB," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Thareq mengatakan sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi, salah satunya jantung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Habibie Meninggal, Istana Ajak Kibarkan Bendera Setengah Tiang 3 Hari

(posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved