Berita Belitung

Jumlah Pemohon SIM Meningkat 40 Persen Selama Operasi Patuh Menumbing 2019

KBO Lantas Satlantas Polres Belitung ‎Ipda Yakub Samsudin mengakui selama pelaksanaan Operasi Patuh Menumbing 2019

Jumlah Pemohon SIM Meningkat 40 Persen Selama Operasi Patuh Menumbing 2019
Posbelitung/Dede Suhendar
Warga mengurus berkas tilang di Mapolres Belitung, Jumat (13/9/2019) 

POSBELITUNG.CO-- KBO Lantas Satlantas Polres Belitung ‎Ipda Yakub Samsudin mengakui selama pelaksanaan Operasi Patuh Menumbing 2019 terjadi peningkatan jumlah pemohon Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Menurutnya, peningkatan tersebut berkisar sekitar 30-40 persen dibandingkan hari biasanya. Meskipun demikian, pihaknya masih bisa melayani lonjakan tersebut.

‎"Memang dampaknya terjadi lonjakan pembuatan SIM khususnya SIM C dan sampai hari ini juga masih kami layani. Persentasenya mungkin sekitar 30 hingga 40 persen," jelas Yakub, Jumat (13/9/2019) kepada bangkapos.com.

Ia menambahkan, jajaran Satlantas Polres Belitung sebenarnya memberikan kebijakan bagi para pelajar yang mengendarai kendaraan untuk keperluan berangkat ataupun pulang sekolah.

Namun dengan catatan harus dengan kendaraan yang lengkap beserta dokumen surat menyurat.

Meskipun secara aturan, mereka belum cukup umur untuk mendapatkan Surat Ijin Mengemudi (SIM).

"Memang hal ini sempat kami bicarakan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, artinya kami masih memberikan kebijakan. Tapi kalau di luar jam sekolah, mereka mengendarai motor tanpa SIM tetap kami tindak," tegas Yakub.

Kabag Ops Polres Belitung Kompol Erlicshon mengimbau kepada para orang tua agar tidak mudah mengijinkan anak di bawah umur mengendarai motor.

Hal ini disebabkan, pada usia di bawah umur sangat rawan dalam berkendara ‎dan bisa berpotensi terjadinya laka lantas. (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved